Didunia bisnis khususnya bagian
marketing selalu menggunakan forecasting untuk menentukan berapakah sales yang
akan dicapai tahun depan, dan dari hasil forecast ini, akan digunakan sebagai
acuan untuk merencanakan produksi. Hampir semua bisnis menggunakan data tahun
sebelumnya untuk membuat forecast penjualan kedepan, dengan ditambah marketing
budget dan sebagainya sehingga didapatlah angka perkiraan penjualan di tahun
yang akan datang.
Disruptive product
Penemuan produk baru yang
menggantikan cara penggunaan produk lama menjadi sama sekali baru seperti
kamera digital menggantikan kamera film, pergantian ini begitu cepat sehingga
perusahaan Film kamera terbesar mengalami penurunan penjualan yang sangat
drastis. Format musik digital sehingga musik dapat didistribusikan secara
digital lewat internet, perubahan ini banyak mematikan distribusi label di
Indonesia banyak perusahaan besar yang menjual lagu dengan CD sudah tidak ada
lagi. Dan masih banyak lagi produk produk yang banyak digantikan oleh revolusi
digital. Bahkan produk produk digital juga tidak kalah menariknya, seperti
Yahoo yang beberapa waktu yang lalu sangat terkenal, sekarang ini sudah mulai
tenggelam, bahkan CEO nya banyak yang hengkang dari perusahaan, dan digantikan
dengan perusahaan perusahaan yang lebih baru lagi.
Sebelum dunia digital perubahan
persaingan di dunia bisnis tidak secepat sekarang, perubahannya dirasakan
sangat cepat sekali, seperti Mobile Phone, beberapa waktu yang lalu di dominasi
oleh Nokia yang menguasi Mobile market di seluruh dunia, dengan adanya Iphone
yang mengubah permainan bisnis dari gadget ke software, maka dengan cepat
sekali Nokia kehilangan market share di Mobile phone.
Produk produk digital tersebut
merupakan produk yang baru sama sekali dan menggantikan beberapa fungsi produk
lama, cara pengunaannyapun baru sama sekali. Inilah yang disebut dengan
disruptive product
Disruptive Marketing
Dengan perubahan produk yang begitu
cepat, tentunya didalam marketing juga ada yang disebut dengan disruptive
marketing, teori yang sangat terkenal ditulis oleh Georfy A. Moore didalam
bukunya yang berjudul Crossing the chasm yang telah saya bahas beberapa waktu
yang lalu di blog ini, menjadi sangat menarik.
Dalam waktu satu tahun setelah
diluncurkan IPad terjual sebanyak 25 juta unit, google plus dalam waktu 1 bulan
dapat mencapai pengguna sebanyak 20 juta, dan facebook user telah mencapai 750
juta, angka ini jauh lebih besar dari jumlah penduduk suatu negara didunia.
Pertumbuhan yang sangat pesat ini belum pernah dialami sebelum terjadi revolusi
digital.
Pertanyaan saya yang paling menarik
pada saat saya membaca buku yang berjudul The technology elite yang ditulis
oleh Vinnie Mirchandani, adalah bagaimana IPad dapat memprediksi pasarnya
sehingga Apple dapat menyiapkan produksi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dan
yang mengagumkan adalah Apple dapat memenuhi sebagian besar permintaannya
walaupun orang harus tetap menunggu pada saat memesan IPad di awal
peluncurannya.
Bagaimana cara meramalkan produksi ?
Tidak mudah bagi Apple untuk
memenuhi permintaan pasar sebanyak 25 juta unit IPad di tahun pertama, bila kita membaca buku Biography Steve Job,
memang sosok Steve Job sangat brilian dia selalu melakukan dengan cara diluar
kebiasaan (Out of The box thinking).
Kebanyak perusahaan mempraktekan
cara yang hampir sama dalam meramalkan penjualan di tahun yang akan datang.
- Analisa data penjualan tahun lalu
- Tentukan berapa persen akan menaikan penjualan
- Buat strategi untuk mencapai angka tersebut
Seandainya Steve Job menggunakan
metoda tersebut, maka pada saat terjadi lonjakan penjualan yang luar biasa maka
untuk memenuhi 25 Juta unit IPad dalam satu tahun sangatlah sulit, sebenarnya
potensi pasar IPad jauh diatas 25 Juta unit, sebagai bukti orang masih susah
untuk mendapatkan IPad pada tahun tahun awal peluncuran IPad.
Menurut Clayton M. Christensen dalam
bukunya Seing What’s next mengatakan “The past is a good predictor of the
future only when conditions in the future resemble condition in the past. And what
works for a firm in one context might not work for another firm in a different
context”. Jadi jelas sekali Christensen menegaskan bahwa data lama tidak dapat
dijadikan prediksi untuk masa yang akan datang bila kondisinya tidak sama.
Karena keadaan persaingan dan pasar selalu berubah, maka keadaan yang lama
tidak akan sama dengan keadaan yang akan datang.
Pertanyaan selanjutnya adalah
bagaimana caranya meramalkan penjualan yang akan datang ? Christensen
menjelaskan lagi “The best way to make accurate sense of the present, and the
best way to look into the future, is through the lens of theory”.
Sales growth Andal Software
Pertumbuhan sales Andal Software
sangat luar biasa sejak tahun 2008. Biasanya di pertengahan tahun kami sudah
mulai membahas sales growth untuk tahun berikutnya. Untuk memprediksi sales
growth kami selalu melihat berapa banyak potensi pasar
yang ada, dengan data data yang kami miliki, kami dapat memprediksi berapa
gesar growth untuk tahun berikutnya.
Seperti pada tahun 2012 ini, kami
memprediksikan sales akan naik dua kali lipat dari tahun lalu, dan ternyata
jumlah sales tahun 2011 sudah dapat kami capai
Januari – Juni 2012 ini. Berarti sales di tahun 2012 akan mencapai lebih
dari dua kali lipat tahun sebelumnya.
Tahapan melakukan forecast penjualan
dimulai dari jumlah target market yang akan di ambil, katakan ada seribu
perusahaan yang dijadikan target pasar
kita. Untuk bisa mendapatkan seribu perusahaan apa saja yang perlu dilakukan ?
berdasarkan data statistik dari tahun ke tahun, biasanya sales itu terjadi dari
beberapa aktivitas seperti
- Word of mouth berapa persen dari jumlah customer sehingga kita mendapatkan angka jumlah customer yang bisa didapatkan lewat word of mouth
- Website berapa persen dari hit rate di website yang dapat di convert untuk dijadikan sales dari sini didapatkan perkiraan penjualan lewat website, untuk menaikan sales berarti bagaimana dapat meningkatkan hit rate, dan berapa banyak bisa dicapai di tahun depan
- Seminar, berapa kali seminar akan diadakan dan berapa jumlah peserta dalam seminar, dari jumlah seminar tersebut berapa persen perusahaan yang tertarik untuk membeli
- Partner, berapa banyak partner yang dapat memberikan lead hingga menjadi sales
- Telesales, berapa besar kekuatan telesales untuk menjual ?
Kami memiliki data yang lengkap dari
setiap aktivitas tersebut diatas, sehingga bila data diatas dapat diolah
kemudian di analisa akan menghasilkan suatu strategi yang luar biasa. Bila strategi
tersebut dicoba terus menerus dan dianalisa, maka kita akan medapatkan suatu
teori yang dapat digunakan untuk melakukan forecasting.
Kami sangat yakin dengan hasil teori
ini, dan dapat dibuktikan bahwa sales kami selalu naik secara signifikan. Yang perlu
kami terus perbaiki adalah team support yang melakukan implementasi dan Application
Support, sehingga walaupun jumlah customer bertambah banyak, tetapi kecepatan
dan ketepatan dalam melakukan support masih dapat terus terjaga dengan baik.
Team support
Team support pun terus di perbaiki
dengan meningkatkan kecepatan implementasi serta support. Sekitar dua tahun
lalu kami memerlukan waktu sekitar tiga bulan untuk melakukan implementasi,
sekarang ini dapat dilakukan dalam waktu dua minggu sejak kami menerima data
yang lengkap dari pelanggan. Sekarang ini kami masih dalam proses melakukan
perbaikan pada aplikasi sehingga dapat lebih mudah lagi untuk melakukan data
migrasi, implementasi dan penggunaan.
Faktor produk akan sangat
berpengaruh dalam meningkatkan semuanya itu, karena produk merupakan pusat dari
kesemuanya. Dalam peningkatan produk kamipun sudah mempunyai mekanisme feedback
dari customer yang dapat digunakan untuk penambahan fitur atau perbaikan produk
itu sendiri.
1 komentar:
saya sangat setujudengan pemikiran di atas, mengingat jaman yg terus berubah ....
Posting Komentar