Clayton M Christensen adalah seorang profesor
di Harvard Business School yang mendalami innovation didalam dunia business.
Saya telah membaca buku-buku Profesor Christensen yang berjudul Innovator
Dilema, Innovator Solution, Seeing what’s next dan yang terakhir berjudul How
Will you measure your life. Buku terakhir ini tidak membahas Inovasi sama
sekali, melainkan tentang kehidupan.
Membaca ketiga buku yang pertama
disebutkan diatas sangat menarik, banyak sekali yang saya pelajari dari buku
tersebut. Yang menarik dari buku tersebut adalah bagaimana perusahaan
berkompetisi terutama didalam innovasi, yang kebanyakan melibatkan
tekhnologi. Pada saat saya membaca
disalah satu bab, saya sangat terinspirasi dari penggambaran yang sangat jelas
antara melihat hasil dan proses.
Mengapa mengerti proses menjadi
sangat penting Prof. Clayton menggambarkan demikian perhatikan rangkaian angka dibawah ini :
1,
2, 3, 4, 5, 6,
75,
28, 41, 26, 38, 64
Bilangan mana yang disebut random
dari kedua susunan angka diatas ? dan mana yang dapat di prediksi ?. Susunan
angka pada baris pertama sangat jelas terlihat dan dapat diprediksi, dua angka
berikutnya pasti angka 7 dan 8. Tetapi bila kita mengatakan bahwa susunan angka
yang pertama adalah angka pemenang lotere, yang diambil dari drum putar yang
berisi angka ? Tentunya urutan angka 1 sampai dengan angka 6 adalah merupakan kebetulan, dan dua angka selanjutnya tidak dapat diprediksi. Sedangkan yang kedua
adalah susunan angka jalan di Amerika yang menyusuri pantai dari peninsula di
Michigan antara Sault Ste. Marie, Ontario to Saxon, Wisconsin ? Dengan
diberitahu rute tersebut maka kita dapat menebak dua angka berikutnya adalah 2
dan 122 yang diambil dari peta1 , pelajaran yang didapat dari contoh
tersebut adalah kita tidak dapat melihat hanya dari hasil akhir dari suatu
proses, walaupun proses yang menghasilkan hasil akhir tersebut dapat di
prediksi. Kita harus mengerti prosesnya itu sendiri.
Apa implikasinya didalam bisnis ?
Didalam bisnis sering sekali kita
mendengar target, tahun depan target kita mencapai sales satu Milyar, berarti
naik sekitar 20 % dari sales tahun lalu. Kadang kadang kita sering sekali
melihatnya hanya dari data tahun lalu, kemudian di prediksi kemungkinan
kenaikannya bisa mencapai berapa persen. Yang lebih banyak lagi dilihat dari
trend kenaikan penjualan setiap tahunnya, atas dasar trend setiap tahun
tersebut kita tetapkan target untuk tahun depan.
Clyaton Christensen mengatakan bahwa
kesuksesan yang telah diraih, hanya dapat diraih kembali dengan strategy yang
sama apabila lingkungan dan keadaannya sama. Padahal kita tahu bahwa lingkungan
dan keadaan hampir tidak dapat selalu sama. Sehingga untuk mendapatkan hasil
yang lebih baik lagi, kita harus selalu mengubah strategi.
Vital Sign
Pada saat saya mengikuti sekolah
bisnis, saya belajar banyak tentang cara mengembangkan suatu bisnis. Sekolah
bisnis inilah yang mengubah cara pandang saya untuk mengembangkan suatu usaha.
Banyak hal yang saya pelajari di sekolah bisnis ini, dan saya akan ambil satu
hal yang berkaitan dengan topik ini. Pada saat kita akan mengambangkan suatu
usaha, tentunya yang kita kejar sales. Yang saya pelajari dalam sekolah bisnis
ini ternyata ada alat yang disebut dengan Vital Sign, dimana disitu ada
angka-angka vital, bila kita dapat mengejar angka angka yang ada didalam Vital
Sign hampir dipastikan salesnya pasti tercapai.
Sebelum saya mengetahui Vital Sign
ini, pada saat saya ingin mengingkatkan sales, yang saya kejar adalah jualan
yang lebih banyak lagi, tambah orang sales agar salesnya meningkat, tetapi
kenaikan salesnya juga tidak sebanding dengan jumlah penambahan orang. Kalau
kita lihat teorinya Clayton Christensen, saya tidak mempedulikan prosesnya yang
saya lihat hasil akhirnya yaitu salesnya akan ditingkatkan.
Untuk setiap bisnis yang berbeda
tentunya mempunyai Vital Sign yang berbeda pula, tetapi konsep dasar dari Vital
Sign ini menurut saya sangat jenius. Pada awal kami mengetahui adanya Vital
Sign, maka kami mulai mencari apa saja yang masuk didalam Vital Sign di Andal
Software, dan sekarang kami sudah mendapatkannya, dan telah kami gunakan
beberapa tahun belakangan ini, hasilnya sangat luar biasa.
Setiap meeting mingguan di divisi
marketing, yang kami cek adalah pencapaian angka angka di Vital Sign Andal
Software, dari situ kita dapat meningkatkan kekurangannya, dan cara untuk
meningkatkannya. Jadi untuk menggunakan
Vital Sign ini, kita harus menguasai proses terjadinya sales, dan di setiap
tahapan tersebut dapat di evaluasi setiap minggu, sehingga peningkatan sales
akan terjadi dengan sendirinya. Dan tanpa disadari kita sudah dapat memperbaiki
proses terjadinya sales secara berkesinambungan, hasil akhirnya adalah sales
kita naik terus dari tahun ke tahun, bahkan kenaikannya cukup signifikan.
1) Pemberian nama jalan antar neara bagian di Amerika biasanya dengan menggunakan nomor, demikian juga keluar atau masuk kejalan tersebut menggunakan angka, sehingga pada saat kita traveling, cukup menuliskan angka-angka urutan nomor jalan yang akan kita lalui.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar