Pertama kali saya
melihat cover bukunya tidak terlalu menarik untuk membacanya, tetapi setelah
selesai membaca pendahuluannya saya mulai tertarik, dan pada saat saya mulai
membaca bab 1, ternyata saya tidak bisa melepaskan buku tersebut untuk tidak
membacanya. Judul bukunya the Power of Habit yang ditulis oleh Charles Duhig,
buku ini sangat menarik karena banyak sekali kasus kasus yang diungkapkan
tentang kebiasaan, dan juga mereka melakukan study yang cukup panjang dan hasil
study tersebut di paparkan dalam buku itu dengan bahasa yang sangat sederhana,
sehingga mudah di mengerti. Saya merekomendasikan pada teman saya untuk membaca
buku tersebut, sangat menginspirasi sekali.
Buku itu
dimulai dengan cerita seorang yang kehilangan short term memorynya sehingga
tidak dapat mengingat apa yang baru di perbuat, setelah lebih dari 3 detik. Bahkan
disuruh menggambarkan denah menuju kamar mandi tidak bisa, tetapi kalau ke
kamar mandi sendiri bisa. Ini yang membuat para peneliti menjadi heran.
Cerita yang
menarik lainnya adalah tentang perusahaan Alcoa yang membuat barang-barang dari
alluminium tertua dan terbesar di Amerika, perusahaan tersebut kinerjanya
merosot tajam juga harga sahamnya, serta pasarnya diambil oleh perusahaan
perusahaan alluminium lainnya. Kemudian dicarilah Presiden Direktur baru,
setelah terpilih Presiden Direktur baru, semua pemegang saham diundang untuk
menghadiri perkenalan dengan presiden direktur yang baru. Pada saat pertemua tersebut,
sang President direktur menceritakan bahwa program yang akan dia lakukan
pertama kali adalah keselamatan kerja, karena perusahaan tersebut banyak
terjadi kecelakaan kerja walaupun angka kecelakaan kerja masih rendah
dibandingkan dengan perusahaan lainnya.
Hampir semua
para pemegang saham sangat pesimistis masa depan perusahaan, mereka menganggap
permasalahannya adalah perusahaan tersebut mengalami penurunan penjualan, dan
persaingan yang sangat ketat. Mengapa yang diperbaiki keselamatan kerja yang
tidak mempunyai hubungan dengan kinerja perusahaan ?, banyak para pemegang
saham yang menjual sahamnya, karena mereka takut nanti bakal terjadi penurunan
harga saham yang sangat besar.
Setelah beberapa
bulan di canangkan program tidak ada kecelakaan kerja, ternyata hasilnya mulai
terlihat. Kinerja perusahaan perlahan lahan naik. Didalam penelitian yang
dilakukan, ternyata pada saat mereka akan menekan angka kecelakaan kerja
menjadi nol, mereka mengubah kebiasaan baru, yang ujungnya adalah memperbaiki
proses kerja, perubahan kebiasaan ini juga tidak hanya terjadi ditempat kerja
melainkan di dalam kehidupan sehari hari karyawan di Alcoa. Sang president
direktur tersebut namanya Paul O’Niel, selama 10 tahun dia memimpin Alcoa,
sahamnya naik sebesar 200 %.
Banyak
sekali contoh yang menarik tentang perubahan kebiasaan yang terjadi dan
dampaknya dalam kehidupan yang dikupas didalam buku tersebut.
Apa yang saya pelajari
Didalam buku
tersebut disebutkan pola kebiasaan selalu memiliki pola yang sama, selalu dimulai
dengan tanda, rutinitas yang biasa disebut sebagai melakukan kebiasaan, dan
mendapatkan ganjaran (reward). Untuk mengubah kebiasaan kita harus mengganti rutinitas
yang dilakukan seseorang, maka kebiasaan akan berubah.
Satu hal
yang dialami di Andal Software pada saat perusahaan jatuh di tahun 2003, adalah
saya tidak mengetahui persis permasalahan yang terjadi di lapangan. Karena pada
saat itu setiap orang takut kalau melaporkan kesalahan yang terjadi. Setiap kesalahan yang terjadi
akan diberikan ganjaran yang tidak enak, yaitu di marahin. Tetapi sebaliknya
mereka suka sekali melaporkan hal hal yang baik yang terjadi dilapangan, karena
rewardnya adalah pujian. Agar kita dapat mengetahui permasalahan yang terjadi
di lapangan kita ubah rewardnya seperti pada saat mereka melaporkan hal hal
yang baik.
Sekarang
kultur ini sudah terbentuk, sehingga permasalahan yang terjadi di lapangan
dapat diselesaikan dengan cepat, karena rewardnya positif, bahkan rewardnya
lebih baik dibandingkan kalau mereka melaporkan hal hal yang baik. Karena
sesuatu yang baik itu memang sudah seharusnya terjadi.
Dengan
membaca buku ini, saya masih melihat banyak hal yang dapat diperbaiki didalam
lingkungan Andal Software untuk dapat memberikan service yang lebih baik lagi
ke pelanggan Andal Software.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar