Kamis, 20 Februari 2014

The Power of Habit



Pertama kali saya melihat cover bukunya tidak terlalu menarik untuk membacanya, tetapi setelah selesai membaca pendahuluannya saya mulai tertarik, dan pada saat saya mulai membaca bab 1, ternyata saya tidak bisa melepaskan buku tersebut untuk tidak membacanya. Judul bukunya the Power of Habit yang ditulis oleh Charles Duhig, buku ini sangat menarik karena banyak sekali kasus kasus yang diungkapkan tentang kebiasaan, dan juga mereka melakukan study yang cukup panjang dan hasil study tersebut di paparkan dalam buku itu dengan bahasa yang sangat sederhana, sehingga mudah di mengerti. Saya merekomendasikan pada teman saya untuk membaca buku tersebut, sangat menginspirasi sekali.
Buku itu dimulai dengan cerita seorang yang kehilangan short term memorynya sehingga tidak dapat mengingat apa yang baru di perbuat, setelah lebih dari 3 detik. Bahkan disuruh menggambarkan denah menuju kamar mandi tidak bisa, tetapi kalau ke kamar mandi sendiri bisa. Ini yang membuat para peneliti menjadi heran.
Cerita yang menarik lainnya adalah tentang perusahaan Alcoa yang membuat barang-barang dari alluminium tertua dan terbesar di Amerika, perusahaan tersebut kinerjanya merosot tajam juga harga sahamnya, serta pasarnya diambil oleh perusahaan perusahaan alluminium lainnya. Kemudian dicarilah Presiden Direktur baru, setelah terpilih Presiden Direktur baru, semua pemegang saham diundang untuk menghadiri perkenalan dengan presiden direktur yang baru. Pada saat pertemua tersebut, sang President direktur menceritakan bahwa program yang akan dia lakukan pertama kali adalah keselamatan kerja, karena perusahaan tersebut banyak terjadi kecelakaan kerja walaupun angka kecelakaan kerja masih rendah dibandingkan dengan perusahaan lainnya.
Hampir semua para pemegang saham sangat pesimistis masa depan perusahaan, mereka menganggap permasalahannya adalah perusahaan tersebut mengalami penurunan penjualan, dan persaingan yang sangat ketat. Mengapa yang diperbaiki keselamatan kerja yang tidak mempunyai hubungan dengan kinerja perusahaan ?, banyak para pemegang saham yang menjual sahamnya, karena mereka takut nanti bakal terjadi penurunan harga saham yang sangat besar.
Setelah beberapa bulan di canangkan program tidak ada kecelakaan kerja, ternyata hasilnya mulai terlihat. Kinerja perusahaan perlahan lahan naik. Didalam penelitian yang dilakukan, ternyata pada saat mereka akan menekan angka kecelakaan kerja menjadi nol, mereka mengubah kebiasaan baru, yang ujungnya adalah memperbaiki proses kerja, perubahan kebiasaan ini juga tidak hanya terjadi ditempat kerja melainkan di dalam kehidupan sehari hari karyawan di Alcoa. Sang president direktur tersebut namanya Paul O’Niel, selama 10 tahun dia memimpin Alcoa, sahamnya naik sebesar 200 %.
Banyak sekali contoh yang menarik tentang perubahan kebiasaan yang terjadi dan dampaknya dalam kehidupan yang dikupas didalam buku tersebut.

Apa yang saya pelajari
Didalam buku tersebut disebutkan pola kebiasaan selalu memiliki pola yang sama, selalu dimulai dengan tanda, rutinitas yang biasa disebut sebagai melakukan kebiasaan, dan mendapatkan ganjaran (reward). Untuk mengubah kebiasaan kita harus mengganti rutinitas yang dilakukan seseorang, maka kebiasaan akan berubah.
Satu hal yang dialami di Andal Software pada saat perusahaan jatuh di tahun 2003, adalah saya tidak mengetahui persis permasalahan yang terjadi di lapangan. Karena pada saat itu setiap orang takut kalau melaporkan kesalahan  yang terjadi. Setiap kesalahan yang terjadi akan diberikan ganjaran yang tidak enak, yaitu di marahin. Tetapi sebaliknya mereka suka sekali melaporkan hal hal yang baik yang terjadi dilapangan, karena rewardnya adalah pujian. Agar kita dapat mengetahui permasalahan yang terjadi di lapangan kita ubah rewardnya seperti pada saat mereka melaporkan hal hal yang baik.
Sekarang kultur ini sudah terbentuk, sehingga permasalahan yang terjadi di lapangan dapat diselesaikan dengan cepat, karena rewardnya positif, bahkan rewardnya lebih baik dibandingkan kalau mereka melaporkan hal hal yang baik. Karena sesuatu yang baik itu memang sudah seharusnya terjadi.
Dengan membaca buku ini, saya masih melihat banyak hal yang dapat diperbaiki didalam lingkungan Andal Software untuk dapat memberikan service yang lebih baik lagi ke pelanggan Andal Software.

Tidak ada komentar: