Selasa, 14 Oktober 2008

Andal software sebagai Industri Software

Di Indonesia ada lebih dari 300 perusahaan TI, kebanyakan dari mereka merupakan sistem Integrator (mengageni produk software dari luar kemudian melakukan jasa implementasi), membuat software yang sesuai dengan pesanan pelanggan (custome application), dan hanya sedikit yang menjadi industri software.
Andal software sudah sejak tahun 1992 membuat software produk bernama PRESISI yang dipasarkan lewat Elekmedia Komputindo. Selanjutnya membuat banyak produk seperti saudagar, andal POS, SIAP. Pada tahun 2001, Andal Software meluncurkan produk versi windows yang pertama kali untuk HR, Payroll, dan PPh 21. Produk tersebut bernama Kharisma Win. Di Tahun 2006, Andal Software berkonsentrasi pada produk HR, Payroll dan PPh 21, dan mempunyai dua produk, Andal Kharisma dan Andal PayMaster.
Perjalanan produk Andal Software yang sudah cukup panjang dalam mengembangkan industri software lokal. Masih banyak yang belum dapat membedakan antara produk dan jasa, Andal Software tidak menerima jasa pembuatan software. Jasa yang kami berikan ke pelanggan kami adalah kontrak service atau maintenance.
Ada sedikit pelanggan yang belum dapat membedakan antara jasa dan produk, oleh sebab itu dalam tulisan ini kami ingin sedikit menjelaskan bahwa pada dasarnya produk Andal Kharisma dan Andal PayMaster merupakan produk software, dan tidak dikenakan PPh pasal 23.
Produk produk software dari luar negeri sudah banyak, seperti Microsoft, Quicken, MYOB semuanya adalah produk, sehingga bila membeli produk Microsoft seperti MS Office, Quicken, MYOB atau yang lainnya, juga tidak dikenakan PPh pasal 23.

2 komentar:

Wibowo Kosasih mengatakan...

Halo Pak Indra,
Wibowo disini. AKu mampir liat liat blog bapak. Informasinya Ok pak. Mohon ijin untuk dikutip ...
Salam

indra sosrodjojo mengatakan...

Terima kasih Pak Wibowo, silahkan saja.