Selasa, 21 Januari 2014

Membangun Kemakmuran



Banyak orang bekerja keras untuk membangun kemakmuran, tetapi akhirnya dia lupa sampai umur pensiun masih melakukan hal yang sama. Di satu sisi, banyak orang yang kelihatannya bekerja lebih santai tetapi dapat menikmati kemakmuran dimasa yang relatif muda. Kadang saya bertanya apa yang membuat berbeda ?

Membangun Aset Pribadi
Banyak orang yang berhenti belajar pada saat selesai sekolah, padahal didalam kehidupan ini banyak sekali yang perlu dipelajari. Pada saat baru lulus kuliah saya merasa sudah mempunyai ilmu yang cukup untuk membangun perusahaan yang besar, dan memang benar pada saat itu saya dapat membangun perusahaan dengan cepat, dan cukup besar menurut ukuran saya pribadi. Tetapi pada saat saya mulai melihat bisnis lain yang dikembangkan oleh teman-teman saya, ternyata mereka mempuyai bisnis yang lebih besar, dan cara kerja mereka tidak sekeras apa yang saya lakukan. Pertanyaannya apakah ada perbedaan antara saya dan teman saya tersebut.
Setelah saya amati, kemudian sering bertemu dengan beberapa teman saya yang menurut saya lebih sukses dari saya, saya mengerti perbedaannya, teman saya ini suka sekali membaca buku, dan pengetahuannya luas sekali. Banyak sekali yang ia ketahui, dari hasil membaca banyak buku. Dan memang benar rata rata dari teman saya yang berhasil mereka banyak membaca buku.
Perbedaan yang kedua adalah pergaulan, teman saya yang sukses mengenal banyak orang sukses, dan sering bergaul dengan mereka yang sukses.
Pada saat itu teman saya banyak yang rata-rata saja, dan yang saya pelajari adalah cara mereka berpikir berbeda dengan cara teman saya berpikir.
Setelah teman saya menjelaskan tentang aset, saya baru mengerti bahwa untuk hidup lebih sukses lagi kita harus dapat membangun aset dalam diri kita, aset itu adalah pengetahuan yang dapat membawa kita ke keberhasilan. Karena pada saat saya membaca koran dan majalah saya merasa mengatahui banyak hal, dan teman saya mengatakan bahwa yang saya ketahui hanyalah berita, bukannya pengetahuan untuk menuju ke suksesan, untuk dapat membangun aset pribadi saya harus banyak membaca buku pengembangan diri, dan pengetahuan yang dapat membawa ke keinginan kita.
Dengan modal pengetahuan yang dimiliki kita dapat membangun aset untuk dapat menghasilkan uang, sesuai dengan teorinya Robert Kyosaki, yang mengatakan uang bekerja untuk kita bukannya kita bekerja untuk mencari uang.

Pelajaran yang didapat  
Dari pelajaran tersebut sekarang ini saya mempunyai komitmen untuk membaca buku minimal 3 buku setiap bulan, dan memang saya merasakan perbedaannya, terutama dalam menyelesaikan masalah yang ada di pekerjaan maupun kehidupan. Disamping membaca buku memilih lingkungan yang tepat juga akan sangat membantu dalam mengembangkan diri.

Tidak ada komentar: