Selasa, 16 Oktober 2012

Antara Hasil dan Proses



Clayton M Christensen adalah seorang profesor di Harvard Business School yang mendalami innovation didalam dunia business. Saya telah membaca buku-buku Profesor Christensen yang berjudul Innovator Dilema, Innovator Solution, Seeing what’s next dan yang terakhir berjudul How Will you measure your life. Buku terakhir ini tidak membahas Inovasi sama sekali, melainkan tentang kehidupan.
Membaca ketiga buku yang pertama disebutkan diatas sangat menarik, banyak sekali yang saya pelajari dari buku tersebut. Yang menarik dari buku tersebut adalah bagaimana perusahaan berkompetisi terutama didalam innovasi, yang kebanyakan melibatkan tekhnologi.  Pada saat saya membaca disalah satu bab, saya sangat terinspirasi dari penggambaran yang sangat jelas antara melihat hasil dan proses. 

Mengapa mengerti proses menjadi sangat penting Prof. Clayton menggambarkan demikian perhatikan rangkaian angka dibawah ini :
                                1, 2, 3, 4, 5, 6,
                                75, 28, 41, 26, 38, 64
Bilangan mana yang disebut random dari kedua susunan angka diatas ? dan mana yang dapat di prediksi ?. Susunan angka pada baris pertama sangat jelas terlihat dan dapat diprediksi, dua angka berikutnya pasti angka 7 dan 8. Tetapi bila kita mengatakan bahwa susunan angka yang pertama adalah angka pemenang lotere, yang diambil dari drum putar yang berisi angka ? Tentunya urutan angka 1 sampai dengan angka 6 adalah merupakan kebetulan, dan dua angka selanjutnya tidak dapat diprediksi. Sedangkan yang kedua adalah susunan angka jalan di Amerika yang menyusuri pantai dari peninsula di Michigan antara Sault Ste. Marie, Ontario to Saxon, Wisconsin ? Dengan diberitahu rute tersebut maka kita dapat menebak dua angka berikutnya adalah 2 dan 122 yang diambil dari peta1 , pelajaran yang didapat dari contoh tersebut adalah kita tidak dapat melihat hanya dari hasil akhir dari suatu proses, walaupun proses yang menghasilkan hasil akhir tersebut dapat di prediksi. Kita harus mengerti prosesnya itu sendiri.

Apa implikasinya didalam bisnis ?
Didalam bisnis sering sekali kita mendengar target, tahun depan target kita mencapai sales satu Milyar, berarti naik sekitar 20 % dari sales tahun lalu. Kadang kadang kita sering sekali melihatnya hanya dari data tahun lalu, kemudian di prediksi kemungkinan kenaikannya bisa mencapai berapa persen. Yang lebih banyak lagi dilihat dari trend kenaikan penjualan setiap tahunnya, atas dasar trend setiap tahun tersebut kita tetapkan target untuk tahun depan.
Clyaton Christensen mengatakan bahwa kesuksesan yang telah diraih, hanya dapat diraih kembali dengan strategy yang sama apabila lingkungan dan keadaannya sama. Padahal kita tahu bahwa lingkungan dan keadaan hampir tidak dapat selalu sama. Sehingga untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi, kita harus selalu mengubah strategi.

Vital Sign
Pada saat saya mengikuti sekolah bisnis, saya belajar banyak tentang cara mengembangkan suatu bisnis. Sekolah bisnis inilah yang mengubah cara pandang saya untuk mengembangkan suatu usaha. Banyak hal yang saya pelajari di sekolah bisnis ini, dan saya akan ambil satu hal yang berkaitan dengan topik ini. Pada saat kita akan mengambangkan suatu usaha, tentunya yang kita kejar sales. Yang saya pelajari dalam sekolah bisnis ini ternyata ada alat yang disebut dengan Vital Sign, dimana disitu ada angka-angka vital, bila kita dapat mengejar angka angka yang ada didalam Vital Sign hampir dipastikan salesnya pasti tercapai.
Sebelum saya mengetahui Vital Sign ini, pada saat saya ingin mengingkatkan sales, yang saya kejar adalah jualan yang lebih banyak lagi, tambah orang sales agar salesnya meningkat, tetapi kenaikan salesnya juga tidak sebanding dengan jumlah penambahan orang. Kalau kita lihat teorinya Clayton Christensen, saya tidak mempedulikan prosesnya yang saya lihat hasil akhirnya yaitu salesnya akan ditingkatkan.
Untuk setiap bisnis yang berbeda tentunya mempunyai Vital Sign yang berbeda pula, tetapi konsep dasar dari Vital Sign ini menurut saya sangat jenius. Pada awal kami mengetahui adanya Vital Sign, maka kami mulai mencari apa saja yang masuk didalam Vital Sign di Andal Software, dan sekarang kami sudah mendapatkannya, dan telah kami gunakan beberapa tahun belakangan ini, hasilnya sangat luar biasa.
Setiap meeting mingguan di divisi marketing, yang kami cek adalah pencapaian angka angka di Vital Sign Andal Software, dari situ kita dapat meningkatkan kekurangannya, dan cara untuk meningkatkannya.  Jadi untuk menggunakan Vital Sign ini, kita harus menguasai proses terjadinya sales, dan di setiap tahapan tersebut dapat di evaluasi setiap minggu, sehingga peningkatan sales akan terjadi dengan sendirinya. Dan tanpa disadari kita sudah dapat memperbaiki proses terjadinya sales secara berkesinambungan, hasil akhirnya adalah sales kita naik terus dari tahun ke tahun, bahkan kenaikannya cukup signifikan.

1) Pemberian nama jalan antar neara bagian di Amerika biasanya dengan menggunakan nomor, demikian juga keluar atau masuk kejalan tersebut menggunakan angka, sehingga pada saat kita traveling, cukup menuliskan angka-angka urutan nomor jalan yang akan kita lalui.

Tidak ada komentar: