Senin, 02 Januari 2012

People Development Win Championship.


Andal Software mempunyai tradisi penutupan tahun dengan berkumpul bersama seluruh anggota team, dan biasanya kita tutup dengan makan. Penutupan tahun 2011 ini diakhiri dengan banyak kenangan. Mulai dari end of year achievment tour yang diadakan pada tanggal 9 – 11 Desember 2011, sayangnya tidak semua anggota team dapat ikut serta termasuk saya, karena pada saat itu pas saya agak sedikit demam, jadi saya putuskan tidak jadi ikut. Padahal saya sudah sangat antusias untuk ikut rafting dan hiking salah satu kegiatan yang saya sukai.
The Five level of Leadership


Pada tanggal 30 Desember merupakan hari terakhir bekerja diawali dengan manager meeting yang diinternal Andal Software disebut sebagai koordinator meeting, didalam managers meeting kita mengevaluasi seluruh kegiatan di tahun 2011, dan menetapkan kegiatan di tahun 2012 yang sudah dirancang jauh hari sebelumnya. Strategi untuk mencapai target yang telah ditetapkan, strategi ini di evaluasi lagi karena adanya feedback hasil kerja di tahun 2011. Terakhir ditutup dengan sharing tentang five level of leadership secara singkat, kami mementingkan pengembangan leadership di internal Andal Software seperti di katakan oleh John C. Maxwell ada lima tingkatan leadership seperti terlihat pada gambar disamping ini. Dimulai dari posisition, posisi adalah leadership level yang paling lemah, orang mau mengikuti kita karena jabatan kita. Level yang kedua adalah relationship, orang mau mengikuti kita karena mereka mau mengikuti, level ini lebih baik dari posisi, dan kunci di level ini adalah hubungan. Tetapi hubungan baik belum tentu menghasilkan, maka di level tiga adalah hasil, hubungan yang baik disertai dengan hasil, maka orang mau mengikuti kita karena apa yang telah kita perbuat untuk organisasi. Di level empat people development, seorang leaders yang dapat menciptakan leaders lainnya, maka orang akan mengikuti kita karena apa yang telah anda lakukan untuk mereka, dan level yang terakhir adalah Pinnacle atau respect. Orang mengikuti kita karena siapa anda dan apa yang anda representasikan. Level lima ini tidak bisa kita lakukan, tetapi kita akan mendapatkan pada saat kita sudah mencapai level empat.


People development
Dalam setiap organisasi yang ingin menjadi organisasi yang hebat harus mencapai level empat, seperti John C. Mawell katakan Production may win games, but people development win championship. Kami percaya bahwa mengembangkan manusia akan menjadikan organisasi yang dinamis dan kreativitas akan terbangun, tidak heran di tempat kami banyak hal-hal baru bermunculan, pemikiran-pemikiran baru yang muncul, dan cara baru juga banyak dikembangkan, sehingga bekerja akan terasa lebih dinamis.
Perkembangan yang sangat pesat ditahun 2011 tidak lain karena semangat dari team yang luar biasa, kami sudah terbiasa dengan menyelesaikan permasalahan yang ada dengan kreatif, sebesar apapun permasalahan yang kita hadapi, kita masih dapat menyelesaikannya dengan baik.

The Pyramid of Success
The Pyramid of success dari John Wooden disitu ada 5 tangga kesuksesan, dan disetiap tangga mempunyai elemen, salah satu elemen dasar adalah friendship, loyalty, cooperation dan enthusiasm. Antusiasme merupakan salah satu elemen yang cukup penting, bila mengerjakan sesuatu dengan penuh antusias hasilnya pasti diatas rata-rata.
Friendship
Hubungan pertemanan di Andal Software sangat akrab satu sama lain, hal ini terlihat aktivitas BB group di luar jam kantor seperti hari libur dan setelah jam kantor masih ramai sekali, mereka berbagi kegembiraan dan pengalaman dalam keseharian. Semua yang dibicarakan positif, tidak ada gosip. Hubungan pertemanan yang erat ini juga terlihat pada saat rafting, dan diwaktu-waktu luang, maupun pada saat makan siang, biasanya kita berkumpul walaupun tidak semua, tetapi suasananya sangat akrab dan hangat.
Loyalty
Mereka semua sangat loyal terhadap Andal Software, loyalty dapat diukur dengan kebanggan, Team Andal Software sangat bangga dengan Andal Software, dan kami juga bangga pada produk yang telah kami buat.
Cooperation
Hubungan kerja sama yang baik, antar divisi dapat saling membantu, yang mereka pikirkan bukan lagi pekerjaan dirinya sendiri, melainkan bagaimana menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi oleh Andal Software, seperti pada support, bila ada permasalahan yang tidak dapat ditangani oleh support, dari bagian lain akan membantu memikirkan penyelesaiannya. Dengan cooperation yang kuat ini hampir semua permasalahan dapat diselesaikan dengan mudah.
Enthusiasm
Bekerja dengan penuh antusias, bila kita bekerja dengan penuh antusiasme hasilnya akan terlihat jauh lebih baik. Seperti biasa pada akhir tahun kami masih mendapatkan support untuk perhitungan pajak, terutama aplikasi yang belum sempat di upgrade ke versi yang baru, sekarang ini sudah hampir diselesaikan semuanya. Dan mereka berkomitment bahwa akhir tahun ini tidak akan ada lagi masalah pajak di akhir tahun. keyakinan ini dapat dimengerti karena jumlah yang disupport untuk Pajak di akhir tahun jauh sangat berkurang dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Kasus ini merupakan salah satu contoh antusiasme mereka bekerja, ada tekanan dari pihak luar terjadi, tetapi tetap saja ditanggapi dengan penuh semangat dan keceriaan bekerja. Suasana seperti inilah yang membuat perbedaan.


Selesai meeting semua team Andal Software tahun 2011 yang diadakan pada tanggal 30 Desember 2011 sungguh membuat saya bangga dan terharu, melihat semangat mereka untuk meraih goal yang telah ditentukan untuk dicapai pada tahun 2012. Saya semakin yakin dengan bekerja penuh semangat, bekerja team yang baik, dan goal yang jelas serta strategi yang dapat dijalankan, kita dapat mencapai goal yang telah di rancang.

Tidak ada komentar: