Kamis, 25 Oktober 2012

Motivasi dan Inspirasi

Sekarang ini banyak sekali motivasional speaker, mereka bertugas memberikan motivasi pada peserta seminar dan di harapkan setelah selesai seminar mereka termotivasi. Para peserta diharapkan lebih semangat lagi karena termotivasi. Saya sering mendengar teman-teman yang mengatakan saya lagi down nih, perlu dimotivasi dan akhirnya memang mereka pergi ke seminar motivasi. Sesaat memang terlihat cerah semangat tetapi beberapa lama kemudian mereka terlihat down lagi.

 Apa yang membuat orang semangat ?
 Pada saat saya dihadapkan dengan situasi tidak semangat, pertanyaan saya adalah “Apakah saya perlu di motivasi ?” pada saat team di Andal tidak semangat “Apakah saya perlu memberikan motivasi ?”. Beberapa tahun yang lalu, untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut diatas saya sering juga mengundang pembicara motivasi dalam bentuk yang beragam untuk memberikan semangat pada team kami. Yang terjadi memang benar, mereka semangat pada saat setelah selesai mengikuti seminar atau pertemuan tersebut. Tetapi setelah beberapa minggu kemudian hilang lagi semangatnya, mereka sudah lupa dengan kata kata yang diberikan oleh sang motivator (maaf saya tidak menunjuk pada seorang motivator tertentu).
Pertanyaan “Apa yang membuat orang semangat ?” sangat menggelitik di benak saya, karena walau bagaimanapun juga di tempat kerja perlu semangat sehingga mereka dapat berkarya dan berkreasi. Dalam perjalanan mencari jawaban dari pertanyaan tersebut, ternyata pada saat orang mendengar kata-kata motivasi sifatnya adalah dari luar, kekuatan motivasi dari luar ini tidak bertahan lama. Yang membuat orang termotivasi dan bertahan lama harus dari dalam diri orang tersebut.
Saya senang sekali bertemu dengan kawan yang lama maupun yang baru dan berdiskusi, dari percakapan tersebut saya mendapatkan banyak pengalaman. Dari pertemuan dan pembicaraan dengan kawan kawan saya baik yang baru dikenal maupun yang sudah lama dikenal, saya dapat menyimpulkan bahwa mereka yang mempunyai harapan atau tujuan dalam hidup mereka semangat sekali, dan mereka akan merasa down pada saat mereka menemui jalan buntuk untuk mencapai apa yang mereka cita-citakan atau harapkan. Sehingga pada saat orang itu dimotivasi sesaat mereka bisa merasa semangat karena di berikan kata kata tertentu, berbeda misalkan pada saat mereka menemukan jalan buntu kemudian melihat sesuatu jalan baru, mereka akan medapatkan semangat baru karena ada harapan untuk mencapai cita-citanya.
Seperti misalkan saya sedang down karena saya tidak menemukan cara untuk keluar dari jalan buntu yang saya hadapi, kemudian datanglah teman saya memberikan semangat, kamu pasti bisa, kamu punya kemampuan yang luar biasa, seperti kepompong pada saat akan menjadi kupu kupu mengalami kesakitan yang luar biasa, dan pada saat diberi kemudahan dengan menggunting kepompongnya kupu kupu tersebut tidak dapat terbang. Kesakitan kamu sekarang ini akan membuat kamu lebih kuat. Dengan memberikan kata-kata yang membakar, tentunya tidak akan terbakar juga, karena saya tidak menemukan jalan keluar dalam menghadapi kebuntuan saya.

Antara motivasi dan Inspirasi 
Berbeda sekali pada saat saya mendengarkan orang yang bercerita dalam perjuangannya mencapai sesuatu dalam hidupnya, mungkin kisah perjuangannya mirip dengan apa yang sedang saya alami, maka saya akan terinspirasi oleh cerita tersebut dan saya akan mendapatkan jalan keluar dalam menghadapi kesulitan saya, dan saya akan dapat seperti dia dalam mencapai apa yang saya harapkan. Cerita-cerita perjuangan ini dapat memberikan inspirasi pada kita, untuk kita dapat melakukan paling tidak menemukan secercah harapan bahwa saya mendapatkan jalan untuk meyelesaikan permasalahan saya untuk mencapai cita cita saya. Inspirasi tidak selalu didapat dari seminar, tetapi juga bisa didapatkan dari buku-buku, sehingga orang-orang yang banyak membaca buku biasanya mempunyai banyak cara untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, dan mereka akan lebih tenang didalam menghadapi permasalahan yang dihadapinya.
Selain membaca buku, saya senang sekali menghadiri seminar-seminar yang bersifat inspirasional, sehingga saya banyak mendapatkan ide-ide dalam melakukan perjalanan menuju tujuan yang saya inginkan. Memang sering sekali pada saat menghadiri seminar seperti itu, pikiran saya dapat melayang-layang membayangkan jalan yang dapat saya tempuh dalam menuju apa yang saya ingin kejar dalam hidup ini.
Maka dari itu saya sudah tidak sabar lagi menunggu Louie Carrillo berbicara pada tanggal 10 – 11 November, saya tidak dapat membayangkan seorang dengan jabatan yang cukup tinggi tiba-tiba tidak punya pekerjaan dan susah sekali untuk bertahan hidup sekalipun, sampai menjadi tukang parkir. Tetapi akhirnya dia dapat bangkit kembali sehingga dia meraih kesuksesan sekarang ini, bahkan dia bisa dinner satu meja bersama Ronald Reagen beberapa tahun yang lalu pada saat Ronald Reagen masih hidup tentunya. Bagaimana orang bisa mempunyai mental toughness seperti itu, perjuangan didalam dirinya pasti luar biasa, karena dia harus melawan egonya. Seminarnya yang terkenal berjudul a man with a dream will not be denied, sayang sekali saya cari di youtube tidak ada, berikut ini ada judul yang juga bagus ada di youtube every dream has a price dan sekarang dia mempunyai ranch yang besar sekali

Tidak ada komentar: