Recruitment

Create your own user feedback survey

Sabtu, 24 September 2011

Resep Sukses dari Brian Tracey


Sering sekali kita merasa sangat sibuk, tetapi pada akhir hari kita merasakan tidak terlalu banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan. Mempunyai keahlian dalam mengelola waktu adalah salah satu kunci sukses dalam hidup ini, karena masing-masing dari kita mempunyai waktu yang sama dua puluh empat jam, tetapi yang satu dapat menggunakan waktunya secara effisien dan yang lainnya mem-buang-buang waktu tanpa disadari.  John C Maxwell dalam banyak bukunya sering menuliskan bahwa kesuksesan seseorang tergantung pada agenda hariannya. Artinya seseorang akan sukses atau tidak dapat dilihat dari apa yang dia lakukan.
Brian Tracey dalam bukunya yang berjudul Eat That Frog memberikan resep yang sangat bagus bagaimana caranya kita dapat mencapai hasil yang lebih banyak dengan bekerja lebih sedikit. Didalam buku tersebut katak diibaratkan pekerjaan yang harus kita selesaikan, eat that frog artinya kita menyelesaikan pekerjaan.  Menurut Brian ada dua kaidah dalam memakan katak, yang pertama Jika anda makan katak makanlah yang lebih jelek terlebih dahulu, dan kaidah yang kedua jika anda memang harus memakan seekor katak hidup, tidak ada gunanya duduk dan memandanginya lama-lama. Dalam melakukan pekerjaan sebaiknya pekerjaan yang paling tidak disukai terlebih dahulu, kemudian baru pekerjaan yang lebih mudah. Dalam menyelesaikan pekerjaan kita sering sekali juga menunda melakukan pekerjaan dengan mempunyai alasan yang beragam.  Dalam membuat kebiasaan bekerja lebih effisien tidak ada jalan pintas, kita harus membentuk kebiasaan tersebut. Ada tiga langkah dalam membuat kebiasaan baru yang pertama buatlah keputusan untuk mengembangkan kebiasaan menyelesaikan tugas. Kedua disiplinkan diri anda untuk terus-menerus melatih prinsip-prinsip yang akan anda pelajari sampai semuanya muncul dengan sendirinya. Dan yang ketiga dukung segala sesuatu yang anda kerjakan dengan tekad sampai kebiasaan tersebut tertanam kuat dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kepribadian anda.
Agar pekerjaan kita dapat terarah, dianjurkan untuk membuat daftar bulanan, mingguan dan harian, daftar harian setiap hari di review, dan setiap minggu membuat rencara daftar harian yang berdasarkan rencana mingguan, dan setiap bulan, me-review daftar mingguan yang diturunkan dari daftar bulanan.
Sikap positif menjadi peranan penting dalam pengaturan waktu, orang yang bersikap positif selalau optimis. Dan orang yang optimis mempunyai empat perilaku istimewa. Orang optimis selalu
1.       Mencari sisi yang terbaik dari setiap situasi
2.       Mencari pelajaran yang berharga dari setiap rintangan atau kesulitan
3.       Mencari jalan keluar dalam setiap persoalan
4.       Memikirkan dan membicarakan tujuan-tujuan mereka
Dan yang terakhir menurut Brian disiplin diri menjadi sangat penting.

Secara keseluruhan buku Eat That Frog sangat bagus untuk mempelajari bagaimana kita dapat bekerja dan menghabiskan waktu kita lebih berarti didalam hidup ini. Kutipan dibawah ini sangat menarik buat saya
Untuk dapat mengerjakan pekerjaan yang bernilai tinggi, anda harus berhenti mengerjakan pekerjaan yang bernilai rendah.
Sekarang ini banyak sekali orang yang terikat oleh gadget elektronik, seperti membalas SMS, messanger dan sebagainya yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang harus kita kerjakan untuk meraih sukses dimasa yang akan datang.

1 komentar:

Teguh SP mengatakan...

Setuju, Pak In. Beberapa waktu lalu ada artikel yang banyak di-download di Harvard Business Review. Judulnya, saya lupa, tapi isinya adalah "managing your focus, not your time". Dengan fokus, waktu akan termanfaatkan maksimal.