Kamis, 26 September 2013

5 langkah menuju hidup yang lebih baik



Pertanyaan yang sering terlinatas didalam diri saya adalah tentang kesuksesan, mengapa sedikit orang yang sukses didalam dunia ini ? Perjalanan mencari jawaban dari pertanyaan tersebut membuat saya banyak sekali bertemu dengan orang yang belum saya kenal sebelumnya. Saya suka sekali dengan memberikan pertanyaan pertanyaan yang berhubungan dengan pertanyaan diatas. Hasil dari jawaban pertanyaan orang tersebut dan ditambah dengan membaca buku saya mulai mendapatkan jawabannya



1.      Proper Self Image
Banyak orang yang tidak menghargai terhadap dirinya sendiri, mereka banyak melihat kekurangan pada dirinya sendiri. Padahal setiap orang memiliki kelebihan masing masing, sehingga kita dapat memiliki citra diri yang baik. Pada saat kita memiliki citra diri yang baik kita akan mudah untuk mengembangkan diri menuju ke kesuksesan

2.      Ketakutan
Banyak orang yang mempunyai rasa takut untuk mencoba hal baru, takut gagal, takut di tertawakan orang lain, dan banyak takut lainnya. Mempunyai rasa taku adalah wajar karena kita tidak tahu hasilnya, sesuatu yang kita tidak tahu apa yang akan terjadi dapat membuat kita takut. Contoh yang paling mudah, dahulu saya takut untuk bertemu dengan orang yang belum saya kenal, tetapi setelah beberapa kali saya melakukan dengan menyapa orang yang belum saya kenal sebelumnya, sekarang sudah menjadi terbiasa. Ada yang mengatakan bahwa action cure fear, tindakan akan mengalahkan ketakutan. Jadi kalau kita mempunyai rasa takut, caranya adalah kerjakan saja.

3.      Berpikir positif
Pemikiran negatif akan menguras energi kita, sehingga kita akan merasa cape, tidak mempunyai energi untuk mengerjakan hal hal yang berhubungan dengan tujuan kita. Mengeluh juga salah satu hal yang negatif, mengeluh berarti kita ingin melakukan sesuatu tetapi tidak bisa, seolah kita tidak berdaya. Mengeluh juga akan menguras energi yang besar juga.
Selalu berpikir positif, maka kita akan mempunyai energy yang cukup besar, kita akan dengan mudah merasa semangat dalam mengerjakan segala hal. Dan pada saat kita merasa semangat orang lain akan merasakan semangat kita.

4.      Procrastination
Procrastinator adalah orang yang suka menunda sesuatu, menunda membuat kita kehilangan kesempatan, dengan menunda mungkin orang lain akan mengambil kesempatan tersebut. Sering sekali kita mempunyai ide untuk melakukan sesuatu, kemudian pada suatu saat kita melihat bahwa yang kita pikirkan sudah ada yang merealiksasikan. Setiap ide yang kita miliki pasti di tempat lain ada juga yang memikirkan untuk melakukan hal yang sama, permasalahannya adalah siapa yang cepat melakukannya ? Penundaan banyak sekali membuat peluang kita hilang.

5.      Lingkungan
Lingkungan akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan kita, sehingga bila kita berada pada lingkungan orang yang optimistis, mempunyai masa depan yang cerah kita akan tertular dengan cara pemikiran mereka. Kita tahu bahwa lingkungan akan membentuk kita, tidak berarti bahwa kita harus ikut dengan lingkungan kita. Tetapi kita dapat memilih lingkungan seperti apa yang kita kehendaki. Pada saat kita berada di lingkungan yang suka minum-minuman keras dan merokok, pasti kita akan terbawa dengan lingkungan tersebut.
Lingkungan kita adalah pilihan kita, kita akan memilih lingkungan yang seperti apa ?




Tidak ada komentar: