Recruitment

Create your own user feedback survey

Rabu, 04 September 2013

Membangun antusiasme



Beberapa tahun yang lalu, saya berkunjung ke kantor teman saya, dan saya melihat bagaimana para karyawannya bekerja. Rata-rata dari mereka mukanya ceria dan semangat, pagi itu saya mendapatkan inspirasi, bagaimana bila suasana kantor saya bisa seperti itu ? Dan mulai saat itulah saya belajar bagaimana caranya membangun tim yang penuh antusias, dan semangat.

Inspirasi dari Buku Swordless Samurai
Pertanyaan yang umum bila ada sesuatu yang ingin kita dapatkan adalah caranya ?, setelah beberapa buku saya baca, dan berdiskusi dengan beberapa teman, akhirnya saya mendapatkan inspirasi pada saat saya membaca buku Swordless Samurai yang ditulis oleh Kitami Masao.
Suatu saat kerajaan dari Lord Nobunaga akan diserang oleh musuh, maka Lord Nobunaga memutuskan untuk membangun benteng, dan Lord Nobunaga memerintahkan jenderalnya untuk membangun benteng. Kemudian si Jenderal mengumpulkan pasukannya untuk mulai membangun bentent, setelah lewat beberapa hari kemajuan pembangunannya tidak terlihat. Maka Lord Nobunaga memanggil Hideyoshi, dan menanyakan apakah Hideyoshi sanggup untuk membangun benteng dalam waktu dua minggu ?, maka Hideyoshi menjawab sanggup.
Pertama kali yang dilakukan oleh Hideyoshi adalah mengumpulkan semua pasukannya untuk berpesta, mereka diajak makan bersama minum sake, pesta sangat meriah hingga larut malam. Di penghujung pesta Hideyoshi berbicara kepada para pasukan, “Hi kawan, negara kita akan di serang oleh musuh, sekarang mereka sedang menuju ke negara kita dengan membawa pasukan yang cukup banyak. Tentunya semua dari kita mempunyai keluarga, istri, anak dan mungkin orang tua kita. Bagaimana seandainya mereka dapat masuk ke negara kita ? bagaimana nasib keluarga kita ? Untuk mencegah serangan musuh mari kita bersama membangun benteng, agar musuh tidak dapat menjajah negara kita”
Setelah mendengarkan kata kata dari Hideyoshi, para pasukan itu bekerja dengan semangat sekali membangun benteng, dan tidak lebih dari dua minggu benteng itu telah berdiri tegak dapat mencegah serangan musuh.

Pelajaran yang didapat dari Hideyoshi
Sebelum Hideyoshi memberikan perintah mereka mengadakan pesta tujuannya adalah membangun kedekatan antar mereka. Sehingga mereka saling mengenal, dan Hidesyoshi juga bisa dekat dengan mereka. Kedekatan dapat dibangun dalam acara-acara informal.
Perintah yang diberikan Hideyoshi kepada pasukannya dimulai dari keluarga, bagaimana dengan keselamatan keluarga mereka. Perintah ini dimulai dari tujuan pribadi, sehingga pada saat mereka bekerja mereka tahu apa yang mereka perjuangkan, kalau yang diperjuangkan bersifat pribadi mereka akan lebih semangat. Hideyoshi dapat memberikan arah atau goal bersama, bagaimana pasukan itu melindungi keluarga mereka dari serangan musuh.

Apa yang didapat
Hari ini tanggal 9 September 2013, Andal Software melakukan peluncuran tida produk sekaligus Andal PayMaster 2014 merupakan versi terbaru, Andal Linkage 2014 berasal dari Andal ESS yang berganti nama sejalan dengan perubahan platform yang dapat menyesuaikan ke Komputer, Tablet atau smartphone, dan produk yang sama sekali baru digunakan untuk melakukan pencatatan kehadiran bernama Andal Kiosk 2014.
Team Andal sangat antusias menjelang peluncuran produk baru ini, semangat Andaler begitu mereka menyebut dirinya, sangat berasa sekali. Andal memerlukan waktu enam tahun untuk membangun team seperti sekarang ini. Kami berkomitment akan membangun team yang lebih baik lagi dari sekarang, fokus kami sekarang ini adalah bagaimana caranya agar pengetahuan yang didapat dari divisi lain dapat di ketahui oleh divisi yang lainnya. Pengalaman kami selama ini dengan adanya perkembangan pengetahuan yang luas kita akan lebih kreatif, dan solusi yang diberikan jauh lebih baik lagi.

Tidak ada komentar: