Rabu, 11 September 2013

Membangun Kreativitas



Di perusahaan Teknologi seperti Andal Software dimana tempat saya bekerja, memerlukan kreativitas yang tinggi. Karena memang perkembangan TI sangat cepat sekali, dan sekali kita tertinggal maka akan sulit untuk naik keatas, hal ini dialami oleh beberapa perusahaan TI. Seperti NOKIA, beberapa tahun yang lalu orang berpikir kalau handphone ya Nokia, tetapi sekarang populasi handphone Nokia sudah turun drastis. 

Room for Error
Saya pernah mendengar pernyataan bahwa “Orang yang tidak pernah berbuat kesalahan adalah orang yang tidak pernah berkreasi”. Awalnya saya tidak mengerti pernyataan tersebut, dan saya sangat menyangkal keras pernyataan tersebut diatas. Saya tidak setuju dengan pernyataan diatas karena memang selama masa sekolah hingga kuliah saya harus selalu melakukan sesuatu dengan benar, kalau tidak nilai saya menjadi jelek.
Pertanyaan berikutnya adalah “kalau kita belajar berdasarkan buku, apakah buku tersebut selalu benar ?” banyak teori yang dihasilkan pada masa sebelumnya menjadi tidak valid lagi di masa yang akan datang, karena ditemukannya sesuatu yang baru. Contoh yang sangat kontroversial dan ramai di seluruh dunia adalah tentang bumi yang bulat. Pada awalnya orang mengira bahwa bumi adalah datar, setelah teori copenicus yang mengatakan bahwa bumi mengelilingi matahari dan Galileo mempertegas penemuan tersebut, banyak orang yang tidak percaya kepada Galileo. Tetapi kenyataannya Galileo yang benar.
Jadi apa jawaban pertanyaan diatas ? yang saya pelajari tidak ada kebenaran yang mutlak, mungkin sekarang benar tetapi pada suatu saat menjadi tidak benar kalau kita dapat menemukan sesuatu teori yang baru. Bahkan di dunia kedokteran juga sering terjadi, apa yang dikatakan baik sekarang belum tentu baik, karena ada penemuan baru.
Kita harus dapat memberikan ruang untuk membuat kesalahan, karena kesalahan itu terjadi pada saat kita melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda, dan pada saat kita mencari cara yang tepat, biasanya kita melakukan kesalahan. Tanpa kita diberikan ruang untuk melakukan kesalahan maka kreativitas tidak terbentuk, karena memang explorasi sesuatu yang belum diketahui tentunya memiliki resiko.

Mempunyai Tujuan yang jelas
Tentunya kalau kita melakukan sesuatu tanpa mempunyai tujuan yang jelas maka kita akan melakukan sesuatu yang tidak ada arahnya. Seperti dilakukan oleh Thomas Alfa Edison, semua orang sudah tahu ceritanya, dia menginginkan lampu itu menyala jika dialiri listrik. Dan percobaan yang dilakukan adalah berbagai elemen yang dapat bertahan lama bila dialiri listrik dan terbakar, sudah ratusan elemen dicoba, dan akhirnya dia mendapatkan elemen yang pas untuk dapat menyala.
Pelajarannya adalah kita harus punya tujuan yang jelas apa yang ingin kita capaia, kemudian cara untuk mendapatkan tujuan tersebut kita cari, kita hanya mengetahui cara yang kita gunakan makin jauh dari tujuan atau makin dekat dengan tujuan. Kalau makin jauh artinya kita harus ubah, hal ini yang orang lain sering menyebutkan sebagai kesalahan. Kalau makin dekat berarti cara kita benar, tetapi walaupun makin dekat, mungkin cara yang sudah kita dapatkan ada cara lain yang lebih baik lagi.

Hasil Kreativitas

Tepatnya tanggal 9 September yang lalu, Andal Software meluncurkan software baru hasil kreasi dari team Andal. Dan yang memukau saya adalah kreativitas mereka untuk merangkai acara peluncuran Produk Baru. Sepenuhnya mereka yang menyiapkan mulai dari susunan acara, tema launching dan juga video yang digunakan untuk launching semuanya dikerjakan sendiri oleh team Andal Software. Acara Launching minggu lalu, kalau saya gunakan ukuran saya sangat sukses, dari jumlah peserta yang hadir, jumlah media yang hadir, coverage media, berlangsungnya acara peluncuran juga sesuai dengan jadwal dan rencana.
Masing-masing bertanggung jawab terhadap bagiannya yang telah ditentukan. Saya melihat semangat mereka pada saat peluncuran terpancar di wajah mereka, walaupun saya tahu mereka kerja keras, harus bangun pagi untuk mengejar 3 in 1.

  • Keberanian mereka untuk bertindak, berpendapat dan melakukan sesuatu didasarkan pada kepercayaan yang kami berikan kepada mereka.
  • Keberanian mereka untuk mengemukakan pendapat juga karena mereka tahu, bila mereka melakukan kesalahan dan memberi tahu keatasan mereka akan mendapatkan bantuan bagaimana caranya untuk memperbaiki kesalahan yang mereka lakukan, sehingga kita sama sama belajar

·         Kreativitas mereka bertumbuh karena mereka diberikan ruang untuk melakukan kesalahan dalam segala keputusan atau tindakan yang mereka lakukan
Tidak mudah membangun team yang solid dan kreativitas, tetapi bisa dilakukan. Lingkungan juga akan membawa dampak yang cukup besar.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Benar pak Indra, dari suatu kesalahan kita mendapatkan suatu pelajaran berharga, tanpa ada kesalahan yang dibuat sulit rasanya kita mendapatkan hikmah atau pemahaman atas apa yang telah kita lakukan.

Salam sukses..!

indra sosrodjojo mengatakan...

Terima kasih Pak,
salam Sukses