Rabu, 28 September 2011

Perubahan yang membawa berkah

Cover Buku

Hampir setiap orang mengalami perubahan dalam hidupnya, dirasakan atau tidak dirasakan. Reaksi setiap orang terhadap perubahan juga berbeda, perbedaan inilah yang membuat orang makin sukses atau makin terpuruk. Bila seseorang karyawan yang bekerja di perusahaan besar dengan jabatan dan gaji yang tinggi, bisa juga terjadi bahwa perusahaan dimana dia bekerja tiba-tiba bankrut seperti yang dialamin oleh Enron. Bagiamana mereka menyikapinya ?
Buku yang berjudul Shark and The Golden Fish karangan Jon Gordon menggambarkan suatu perubahan dalam hidup dengan cerita yang sangat menarik. Bermula dari Ikan Mas yang dipelihara dirumah dan setiap hari diberi makanan yang cukup, sehingga kehidupan ikan mas menjadi sangat nyaman walaupun tinggal di sebuah akuarium.
Pada suatu hari si Anak yang memelihara ikan mas tersebut akan pergi ke pantai dan anak tersebut mempunyai ide untuk mengajak si Ikan mas ke pantai. Setibanya di pantai si anak tersebut membuat kolam buatan kecil dari pasir dan diisi dengan air, kemudian si ikan mas diletakan di kolam tersebut. Tetapi tidak lama kemudian ombak besar datang menghantam pantai dan si ikan mas hanyut terbawa ombak dan masuk ke dasar laut. Dalam cerita tersebut ikan mas dapat hidup di air laut.
Pada awalnya si ikan mas sangat sedih dan frustrasi karena kelaparan tidak dapat mencari makan, kebiasaan ikan peliharaan tidak pernah mencari makan. Dengan sangat kelaparan dan murung ikan mas ini berenang di dasar laut. Kemudian si ikan mas ini bertemu dengan ikan Hiu yang baik, Si ikan mas merasa bahwa dirinya dikendalikan oleh perubahan, maka si Hiu yang baik memberitahukan “benar bahwa kamu tidak bisa mengontrol peristiwa dalam hidupmu. Kamu tidak bisa mengontrol fakta bahwa gelombang perubahan menghempaskanmu. Kamu tidak bisa mengontrol tindakan orang lain. Namun kamu bisa mengontrol pikiran dan reaksi positifmu atas peristiwa dan tantangan itu.”   Jadi kalau kita tidak dapat mengontrol lingkungan kita, kita dapat berpikir positif maka potensi yang ada didalam diri kita akan digali dan kita akan mempunyai keterampilan yang baru. Dan agar kita dapat sukses maka kita harus dapat menyambut dan mengendalikan perubahan.
Tetaplah Positif
Setelah mendapatkan nasehat dari ikan Hiu, si ikan mas mulai mencari makannya sendiri, kemudian mulailah ia menemukan potongan-potongan makanan kecil yang tak berarti. Dalam pengembaraannya mencari makanan banyak ikan yang lainnya meng-olok-olok si ikan mas yang mengatakan bahwa ikan mas tidak akan pernah mendapatkan makanan disini, karena sudah terbiasa diberi makan di akuarium. Si Ikan mas mendapatkan lingkungan yang sangat negatif yang mempengaruhi rasa percaya diri si ikan mas, kemudian ikan hiu mengatakan “kamu harus memiliki rasa percaya yang mengalahkan semua hal negatif dan keraguan  kalau bersikap positif maka akan mendapatkan makanan, dan ikan Hiu berkata pada ikan mas “kamu bisa melihat tempat yang berkelimpahan atau berkekurangan. Kamu akan menemui hal yang kamu percayai” .  saya pernah membaca di buku lain yang mengatakan bahwa kamu akan menjadi apa yang kamu pikirkan. Sehingga dengan kita dapat berpikiran positif kita akan lebih berkembang dan mempunyai kehidupan yang lebih baik tentunya.

Sukses karena perubahan
Perubahan itu dapat membawa kita ke kehidupan yang lebih sukses atau tidak, tergantung bagaimana kita menyikapi terhadap perubahan tersebut. Sehingga setiap perubahan adalah menjadi pilihan bagi kita apakah kita ingin sukses dengan adanya perubahan atau bahkan lebih terpuruk.  Pelajaran pertama yang diberikan dalam perubahan adalah kita harus memperkuat sikap positif dan fokus dengan tindakan.  Kemudian kita harus bekerja lebih keras.  Dan yang kedua dikatakan bahwa kita harus berfokus pada apa yang kita inginkan. Dan yang terakhir kita jangan berpuas diri.

Ini adalah buku keempat tulisan Jon Gordon yang saya baca, bukunya selalu enak dibaca karena dibawakan dengan cerita yang menarik, buku ini sangat tipis menurut ukuran saya, dan banyak pelajaran yang dapat saya petik dari buku ini.

Tidak ada komentar: