Jumat, 12 Juli 2013

Revolusi Bisnis oleh Teknologi Digital



Perkembangan komputer yang sangat pesat dipacu oleh hukum Moore yang mengatakan bahwa kecepatan prosesor akan menjadi dua kali lipat dalam waktu 18 bulan. Dengan prosesor yang makin cepat dan makin kecil, sekarang ini komputer hampir dapat digunakan disegala bidang. Komputer membuat suatu produk atau jasa semakin murah, hal inilah yang dapat merevolusi dunia bisnis. Beberapa contoh yang membuat harga sesuatu jasa atau layanan menjadi jauh lebih murah dan lebih baik.
1.       Telepon internasional
Sekarang ini hampir tidak ada lagi orang yang menggunakan telepon internasional, karena dengan menggunakan komputer lewat skype, Wechat, Line kita dapat berkomunikasi dengan harga yang sangat murah bahkan free.
Perusahaan besar yang mempunyai banyak cabang sekarang dapat menggunakan VOIP, sehingga seluruh cabangnya dianggap sebagai extension dan tidak perlu lagi membayar biaya pulsa interlokal. Dengan menggunakan perangkat komputer ini maka biaya komunikasi sangat kecil sekali, penghematan yang luar biasa.

2.       Surat kilat
Pengiriman surat juga sudah jauh berkurang, pengiriman surat yang ada sekrang ini adalah dokumen resmi yang harus ada tanda tangan dan meterainya, sedangkan surat menyurat biasa menggunakan email yang jauh lebih murah dan lebih cepat sampai.

3.       Tagihan
Tagihan kartu kredit, rekening bank, tagihan telepon dan tagihan listrik, semua dilakukan secara elektronik. Kalau suatu bank penerbit kartu kredit atau bank yang mempunyai nasabah mengirimkan rekening koran mempunyai nasabah sebanyak 1 juta saja, dan biaya untuk mencetak rekening serta biaya kirim sebesar Rp. 5.000,- per pelanggan, maka penghematan yang dapat dilakukan oleh bank tersebut mencapai Rp. 5 Milyar setiap bulan, hanya dari pencetakan rekening koran.

Banyak lagi yang dapat dilakukan penghematan dengan menggunakan komputerisasi, disamping penghematan juga mempercepat kinerja.

Perubahan Bisnis Model
Kesempatan membuat bisnis baru dengan digital terbuka lebar, menggantikan cara lama mengelola bisnis, seperti toko buku, Amazon adalah bukan toko buku yang terkenal sebelumnya kemudian mengganti modelnya menjadi online store, melainkan berdiri dari awal menjual buku secara online, dan perkembangan bisnisnya cukup cepat bahkan toko buku yang sudah lama dan cukup besar tidak memikirkan untuk mengganti model bisnis nya seperti Amazon. Biasanya pebisnis lama sudah cukup nyaman dan tidak memikirkan cara yang berbeda untuk melakukan bisnisnya sehingga yang timbul adalah perusahaan baru.
Skype suatu perusahaan telekomunikasi baru yang memanfaatkan digital, biaya untuk membangun Skype jauh lebih kecil dibandingkan dengan membangun perusahaan telekomunikasi, tetapi Skype dapat mengambil pangsa pasar telepon internasional maupun SLJJ. Indonesia membendung penggunaan VOIP pada awalnya, saya masih ingat ada seorang yang mengembangkan komunikasi dengan VOIP dan akhirnya orang tersebut tidak diperbolehkan lagi mengembangkan teknologi komunikasi VOIP, dan di Indonesia tidak banyak yang mengembangkan karena larangan tersebut. Sekarang ini teknologi voip banyak digunakan untuk komunikasi dengan biaya yang murah sekali. Seharusnya pemerintah tidak perlu membatasi perkembangan teknologi ini, kalaupun dibatasi dengan dunia yang tanpa batas sekarang ini, maka negara lain yang akan menikmatinya, akhirnya Indonesia akan tertinggal lagi. Dan pertumbuhan bisnis Skype sangat luar biasa, sehingga dibeli oleh Microsoft.

Jurus jitu memenangkan persaingan
Kemampuan digital yang luar biasa ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memenangkan persaingan, dengan cara mengefisienkan bisnis proses yang ada didalam perusahaan tersebut. Ada beberapa tahapan untuk meningkatkan produktifitas dan menjadi lebih efisien dalam biaya produksi :
1.       Gambarkan semua bisnis proses terutama flow yang ada didalam perusahaan
2.        Review masing-masing bisnis proses yang ada
3.       Ubah proses bisnis agar menjadi lebih efisien dengan menggunakan digital

Minggu depan, saya akan share bagaimana kita melihat suatu bisnis proses kemudian, mengubah bisnis proses tersebut menjadi lebih efisien

Tidak ada komentar: