Kamis, 20 Oktober 2011

The power of Vision


Dalam kehidupan kita dapat banyak belajar dari alam, bila suatu benda yang akan bergerak selalu menghasilkan gesekan dan gesekan ini akan menimbulkan panas, panasnya gesekan tergantung kecepatan kita bergerak, makin cepet kita bergerak makin besar panasnya. Bila tidak ada gerakan maka tidak akan ada gesekan dan tidak menimbulkan panas.
Demikian pula didalam kehidupan, bila kita akan bergerak naik, atau akan memperbesar usaha, kita akan mengalami banyak hal, tantangan akan timbul disana sini, makin kita ingin cepat bergerak, tantangan yang akan kita hadapi makin besar.  Dan disinilah setiap orang akan menanggapi tantangan ini berbeda-beda, cara menghadapi tantangan inilah yang membuat perbedaan cukup besar. Maka pertanyaannya adalah bagaimana kita harus menghadapi tantangan tersebut.


Pengetahuan dan Lingkungan
Persiapan yang perlu kita lakukan adalah kita harus mempunyai pengetahuan yang cukup terlebih dahulu, saya sering mendengar bahwa hidup kita yang akan datang sangat tergantung dengan buku yang kita baca dan orang yang kita temui. Saya sangat setuju dengan pernyataan tersebut, bila kita bergaul dengan lingkungan orang-orang yang berhasil, maka pola pikir kita akan berubah mengikuti pola pikir mereka, dan juga buku buku yang baik akan memberikan wawasan yang lebih luas, sehingga akan mengubah sudut pandang kita, yang pada akhirnya akan memberikan ketajaman pada saat kita mengambil keputusan.
Saya banyak sekali bertemu dengan kenalan baru atau rekan bisnis yang baru, saya sangat tertarik pada pola pikir mereka, kalau saya dengarkan kisah-kisah mereka sangat menarik satu dengan lainnya, dalam menghadapi persoalan yang hampir serupa, tanggapannya berbeda. Saya dapat menarik kesimpulan tingkat kesejahteraan seseorang ditentukan oleh cara mereka berpikir.  Beberapa buku yang saya baca sering mengatakan bila kita ingin mencapai suatu tingkatan yang lebih tinggi yang kita inginkan, yang harus kita ubah adalah cara berpikir kita, kita harus dapat berpikir pada level yang kita inginkan, dan nanti keberhasilan akan mengikutinya. Pengalaman saya selama ini, pernyataan tersebut benar. Maka timbul pertanyaan yang kedua, bagaimana kita dapat mengetahui cara pikir orang orang yang lebih sukses dari kita ? dan cara yang paling mudah adalah membaca buku-buku dan juga lingkungan kita harus kita ubah.
Setelah pola pikir kita berubah, maka kita mulai mencoba naik, tentunya dengan pengetahuan dan bekal yang telah kita miliki kita mempunyai rasa percaya diri untuk naik ke kelas yang lebih tinggi. Ternyata bekal yang kita miliki tidaklah cukup, kita harus mengalami banyak tantangan. Pertanyaannya bila tantangan itu datang apa yang perlu kita lakukan ?

Tujuan yang jelas
Orang akan bergerak kearah yang lebih tinggi  lagi harus mempunyai  tujuan yang jelas, tujuan yang jelas adalah tujuan yang dapat kita bayangkan dan kita rasakan seolah kita sudah ditempat itu, dan tentunya alasan kenapa kita mau ke tujuan tersebut, apa yang terjadi bila kita tidak mencapai tujuan tersebut. Pertanyaan-pertanyaan ini akan membawa kita ke tujuan yang lebih jelas lagi.
Seperti kejadian fisik di awal cerita ini pada saat seseorang mulai naik keatas akan terjadi gesekan dan makin tinggi kita naik, gesekannya akan semakin besar. Bagaimana agar kita selalu dapat bertahan disetiap tantangan yang akan kita hadapi ?
Di salah satu seminar yang pernah saya hadiri, si pembicara pernah bercerita, bahwa pada saat dia naik kapal menuju ke suatu tempat, dia merasa mabok, dan salah satu awak kapalnya membantu dia sambil mengatakan, Pak agar tidak mabuk jangan lihat kebawah, lihatlah ke arah yang jauh, nanti Bapak tidak akan mabuk. Pesan dari kejadian tersebut pada saat kita menghadapi tantangan kita selalu harus melihat tujuan kita, apakah tujuan kita semakin dekat atau semakin jauh.
Kemudian si Pembicara seminar tersebut mengatakan lagi, dalam setiap keadaan kita harus bersyukur dan selalu berdoa, jangan lupa untuk berdoa.

Inspirasi
Pada saat saya membaca buku karangan Robin Sharma yang berjudul “ Leadership Wisdom from the monk who sold his Ferari”, pikiran saya melayang dan flashback dalam kehidupan saya selama ini. Terutama pada saat saya membawa Andal Software, pada posisi seperti sekarang ini. Sekarang ini team di Andal Software sudah membunyikan peluit untuk mulai berjalan lagi menuju ke suatu tempat yang lebih tinggi lagi, semua rencana sudah dibuat, semua kemungkinan yang akan terjadi sudah diantisipasi, pertanyaan yang menarik adalah apakah dengan persiapan yang matang kita tidak akan menghadapi tantangan ?
Jawabannya sudah pasti kita akan menghadapi tantangan yang lebih besar lagi, tetapi dengan persiapan yang matang, dengan rencana yang matang, dan dengan pengetahuan yang lebih dari cukup, serta team yang solid, saya sangat yakin bahwa tantangan demi tantangan akan kita lalui, sampai kita menuju ke suatu tujuan sementara.
Ya tujuan sementara, karena setelah kita hampir sampai di tujuan tersebut, tentunya kita sudah membuat rencana lain untuk mencapai tujuan yang lebih jauh lagi.
Buku yang baru selesai saya baca, adalah buku yang paling bagus yang saya baca dalam dua bulan ini, dan selama dua bulan ini mungkin sudah lebih dari delapan buku saya baca.
Selamat membaca !

Tidak ada komentar: