Senin, 14 Mei 2012

Membangun Tim yang inofatif


Sekarang ini menurut Friedman didalam bukunya yang berjudul the world is flat, mengatakan bahwa batas negara sudah tidak ada lagi karena dengan adanya teknologi internet, setiap orang dapat bekerja diamana saja, dan berkolaborasi dengan siapa saja di dunia ini. Tembok tembok batas kenegaraan sudah tidak ada lagi, bahkan negara sendiri sulit untuk membendungnya, misalkan ada informasi mengenai sesuatu yang kurang baik untuk dibaca oleh suatu negara beredar di internet, maka akan sangat sulit negara tersebut membendungnya. Pasti rakyatnya masih dapat membacanya.
Batas dunia yang sudah semakin tidak jelas ini menyebabkan banyaknya kolaborasi antar negara, seperti research penyakit kanker sekarang ini dapat dilakukan kolaborasi antar negara dengan menggunakan teknologi internet. Pengalaman untuk sharing knowledge menjadi lebih baik lagi, dan akan menghasilkan sesuatu yang belum dipikirkan oleh manusia sebelumnya. Sehingga akhir akhir ini banyak hal hal baru yang muncul dengan adanya sinergi antar manusia atau kelompok manusia.
Perubahan paradigma juga terjadi, sebelum maraknya internet untuk mendapatkan informasi sangatlah sulit, tidak semua orang akan mendapatkan informasi. Sehingga pada saat itu orang mengatakan bahwa informasi adalah kekuatan (Information is power) siapa yang mendapatkan informasi lebih dahulu akan memenangkan persaingan. Sekarang yang terjadi adalah kebalikannya informasi tersebar luas melalui internet bahkan urusan pribadi dengan mudah didapat di internet seperti yang sering terjadi akhir akhir ini di internet.
Pengalaman saya dalam berdiskusi dengan pelanggan kami yang jumlah cukup lumayan banyak, kami sering sekali mendapatkan ide-ide baru. Ide tersebut datangnya bukan dari pelanggan, dan bukan juga dari kami, tetapi dari hasil diskusi dalam rangka memecahkan permasalahan yang terjadi, sering sekali terbesit suatu ide untuk mengembangkan sesuatu yang baru. Hasil dari ide-ide ini memang luar biasa, setelah di implementasikan banyak sekali klien yang merasakan fitur tersebut memang diperlukan di perusahaannya.
Kebanyakan perusahaan sering sekali antar departemen tidak terjadi sinergi, yang terjadi malahan sebaliknya antar departemen yang satu dengan lainnya terdapat tembok yang tinggi yang membatasi satu sama lain, dan mereka saling bersaing. Bahkan didalam satu departemenpun dapat terjadi antara orang yang satu dengan yang lainnya, hal ini terjadi juga karena persaingan sehingga akan ada tembok yang tinggi antar karyawan, sehingga tidak dapat terjalin komunikasi yang baik. Kunci dari sinergi adalah komunikasi yang baik. Mengapa ini dapat terjadi ?, dibukunya Stephen Covey yang terakhir yang berjudul the 3rd alternatif, banyak sekali mengulas permasalahan ini, dan sangat menarik untuk di baca.

Dua alternatif
Setiap orang mempunyai persepsi masing-masing sesuai dengan pengalaman dan lingkungan dimana mereka dibesarkan. Persepsi yang berbeda ini yang menyebabkan terjadinya konflik, karena mereka pasti akan mempertahankan apa yang mereka percayai benar, dan memang mereka pasti merasa benar apa yang mereka percayai.
Pada saat terjadi konflik seperti ini bisa terjadi fight or flee, artinya memilih untuk bartarung atau pergi, yang paling sering dialami adalah pada saat di sekolah ada seorang murid yang bandel dan berani terhadap gurunya, kemudian guru tersebut mengancam pada kepala sekolah, yang mengatakan dia atau saya yang tinggal di sekolah ini.
Di tempat kerja sering kali terjadi hal semacam ini, tetapi reaksinya yang berbeda, bisa jadi karyawan tersebut jadi muntaber (mundur tanpa berita), atau bisa terjadi karyawan tersebut akan diam saja dan akan selalu menurut perintah atasan walaupun tidak sesuai dengan hatinya. Suasana seperti ini biasanya terjadi bila sang direktur atau manager sangat sombong dan merasa dirinya paling hebat, tidak ada orang lain yang mempunyai pendapat lebih baik darinya.
Banyak sekali perusahaan perusahaan besar yang jatuh karena kesombongan sang presdir, karena kesombongannya maka dia tidak mendapatkan feedback apa yang terjadi di lapangan, para karyawan akan melaporkan apa yang menyenangkan untuk sang presdir bukannya apa yang baik untuk perusahaan. Dan bila ini terjadi maka office politic di perusahaan tersebut akan menjadi kental sekali, pertumbuhan pribadi karyawan juga akan terhambat karena masing-masing akan menyelamatkan diri, dan yang tertinggal pasti karyawan yang agak susah untuk mendapatkan perkejaan di tempat lain. Sehingga kita akan mengetahui masa depan perusahaan tersebut akan seperti apa.

Sinergi
Perbedaan pendapat sangatlah baik, karena dengan perbedaan pendapat artinya setiap orang dapat berkontribusi untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda. Perbedaan pendapat inilah yang dapat menghasilkan pemikiran yang tidak pernah dipikirkan oleh kedua belah pihak.
Tidaklah mudah untuk dapat menerima pendapat orang lain, karena latar belakang yang telah di bahas diatas. Tetapi yang sangat dominan sebetulnya adalah ego, kebanggan terhadap dirinya (Pride), dan kesombongan, setiap orang dapat bersinergi bila dapat merendahkan hati untuk menerima pendapat orang lain, Stephen Covey dalam bukunya ada empat hal yang dapat membuat sinergi itu terjadi:

I see Myself
Saya mau melihat diriku dari luar, sehingga kita dapat menilai tentang pendapat diriku secara objektif, apakah kita berpendapat seperti itu untuk kepentingan diri kita, ataukan untuk kepentingan kelompok ?, apakah dengan mengemukakan pendapat seperti itu agar status saya tidak terganggu ? dan berilah pertanyaan pertanyaan terhadap diri kita seputar masalah latar belakang dikemukakannya pendapat seperti itu.

I see You
Artinya saya menghargai lawan bicaraku, dan menghargai pendapatnya, membuang prakiraan yang negatif kepada lawan bicara kita, agar kita dapat mendengarkan dan melihat dari perspektif yang berbeda

I seek you out
Saya sangat tertarik apa yang ia katakan, saya tidak merasa terancam dengan pendapatnya yang tidak sepaham dengan saya. Dengan melihat dari perspektif yang berbeda ini kita dapat mempelajari kenapa mereka berpendapat seperti itu, sehingga kita akan menambah wawasan dan akan bertumbuh dan mendapatkan cara berpikir baru

I Synergize with you
Dan akhirnya mencapai suatu titik dimana kita bisa bersinergi dengan dia, artinya apa yang dia pikirkan dan apa yang saya pikirkan memang berbeda tetapi dengan satu tujuan yang sama. Sehingga pada saat banyak cara yang dapat kita pikirkan untuk mencapai satu tujuan, maka kita dapat menemukan cara baru yang belum pernah terpikirkan oleh kita masing masing.

Proses kreatif juga dilakukan dengan cara yang sama, coba bayangkan jika setiap orang mempunyai pemikiran yang sama, maka tidak ada perbedaan, artinya tidak ada yang berpikir berbeda maka kita tidak akan mendapatkan hal hal baru.

Tidak ada komentar: