Sabtu, 23 Juli 2011

Hal Hal yang Menghambat pertumbuhan karyawan


Hampir semua perusahaan yang ingin menjadi perusahaan nomor satu, maka perkembangan karyawan didalam perusahaan harus diperhatikan, perusahaan harus dapat mendorong karyawannya untuk tumbuh dan berkembang. Di Andal Software mempunyai misi “Helping Others Grow”, yang artinya Andal Software harus dapat membantu semua karyawannya menjadi tumbuh dan berkembang, disamping karyawan juga Business partner, Customer, dan seluruh stake holder Andal Software harus berkembang dan tumbuh.
Kunci perkembangan dan pertumbuhan karyawan harus dimulai dari rekrutmen, karena perusahaan tidak dapat memaksa karyawannya untuk tumbuh dan perkembang, Andal Software harus mencari orang orang yang memang mau bertumbuh dan berkembang didalam lingkungan Andal Software. Ada suatu cerita yang saya sering sekali menceritakan, untuk pertumbuhan dan perkembangan seseorang.
Ada dua orang karyawan yang sama-sama pandainya dan sama-sama cepatnya bila bekerja, perbedaan dari keduanya adalah pada saat mereka menerima pekerjaan dari atasannya, Si A setiap menerima pekerjaan yang sulit selalu beranggapan bahwa dirinya di perhatikan oleh atasannya karena pekerjaan pekerjaan yang sulit selalu diberikan padanya, sedangkan Si B setiap kali menerima pekerjaan akan menggerutu dan beranggapan bahwa atasannya tidak suka pada dirinya karena setiap pekerjaan sulit akan diberikan padanya. Dengan perbedaan pola pikir tersebut maka tentu saja Si A akan bertumbuh dan berkembang dengan pesat, karena selalu menemui hal hal baru dalam pekerjaannya sedangkan di B menjadi tertinggal. Tidak heran pada saat atasan mencari penggantinya maka dipilih Si A, dan lagi lagi Si B akan menggerutu dan merasa bahwa atasannya tidak suka pada dirinya.
Ada beberapa hal yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan karyawan :
1.      Mengeluh
Orang yang suka mengeluh tidak akan berkembang, karena biasanya mereka yang mengeluh tidak mau berusaha untuk mempelajari sesuatu yang baru.

2.     Mencari Alasan
Orang orang yang selalu mencari alasan juga tidak akan berkembang, karena pada saat melakukan sesuatu dan tidak dapat melakukannya dia akan mencari alasan agar tidak menyelesaikan pekerjaannya.

3.      Suka menyalahkan atau mengkritik orang lain
Orang seperti ini biasanya ingin dirinya dianggap lebih tinggi dari yang lainnya tanpa melakukan usaha, sehingga dia suka mengkritik atau menyalahkan orang lain, tanpa mau melihat dirinya. Dengan banyak menyalahkan orang lain maka dia pikir dialah yang paling benar dan paling hebat. Orang seperti ini tidak akan tumbuh dan berkembang karena dia merasa dirinya sudah hebat.

Beberapa waktu yang lalu kami juga mempunyai orang orang seperti diatas, dan memang kenyataannya mereka tidak dapat berkembang dan bertumbuh. Hasil pekerjaannya juga akan terlihat tidak terlalu baik. Sekarang ini hampir semua team di Andal Software mempunyai semangat yang positif suka dengan tantangan dan hal hal baru, melihat segala macam persoalan dengan solution oriented. Sehingga permasalahan yang dihadapi selalu mendapatkan penyelesaian yang baik.
Lingkungan seperti ini tidak dapat dibuat dalam waktu semalam, apa yang perlu dilakukan dalam membuat team seperti ini adalah mencari orang orang yang suka tantangan dan dijadikan dalam satu team kecil untuk mengubah kultur perusahaan. Cari anggota anggota baru di level bawahnya yang juga menyukai tantangan, sejalan dengan itu buat sistem yang mendukung sehingga perkembangan setiap karyawan dapat diukur oleh dirinya sendiri, dan berilah  pujian pujian kecil pada saat mencapai sesuatu yang bagus.
Dan yang paling penting dalam mengubah kultur perusahaan adalah perbaikan komunikasi antar atasan dan bawahan, komunikasi menjadi penting karena merupakan sarana untuk menyalurkan visi dan misi perusahaan sampai ke level paling bawah dengan bahasa yang disesuaikan dengan tingkatan seseorang.

Tidak ada komentar: