Jumat, 08 Juli 2011

Satu Lagi Dari Andal Software

Setelah sekian lama tidak menulis di blog karena kesibukanku untuk perisapan peluncuran produk versi baru Andal PayMaster 2012 yang akan diluncurkan pada tanggal 9 November 2011 ini, banyak hal yang perlu dipersiapkan. Sekarang ini produk sudah selesai dan siap untuk dilakukan pengetesan selama beberapa bulan kedepan hingga saat peluncuran.

Tulisan ini saya beri judul Satu lagi dari Andal Software bak iklan sebuah perusahaan biskuit yang sangat infatif dan sering meluncurkan produk barunya beberapa tahun yang lalu. Andal Software meluncurkan produk versi terbarunya selama dua tahun berturut turut. Sedangkan kebiasaan kami, peluncuran versi baru biasanya dilakukan dua tahun sekali, yang selalu mengambil tahun ganjil seperti versi 2009, 2011 tetapi kali ini kami mempunyai versi 2012.

Percepatan launching ini didasari atas perubahan bisnis model yang akan dilakukan oleh Andal Software dalam dua tahun kedepan. Sehingga kami harus mempersiapkan platform aplikasi yaitu Andal PayMaster 2012. Team Andal Software sangat antusias sekali dalam menghadapi perubahan bisnis model ini, karena kami semua dalam keluarga Andal Software telah melihat sesuatu yang jauh lebih besar lagi potensi yang dapat digali, dibandingkan sekarang ini dimana revenue didapatkan dari penjualan software dan subscription.

Kami sudah membahas perubahan bisnis model yang akan kami lakukan dua tahun kedepan sudah kami rancang sejak dua tahun lalu. Sejak dua tahun lalu hampir setiap hari kami berdiskusi dengan team inti di Andal Software, bagaimana kami dapat merealisasikan model bisnis yang baru ini dan diatas kertas jauh lebih menarik dibandingkan dengan bisnis model yang telah digeluti oleh Andal Software selama beberapa tahun kebelakang. Sebetulnya pada peluncuran Andal PayMaster 2011 yang lalu kami sudah mulai memasukan Proof of Concept dari bisnis model yang baru ini dan sudah digunakan oleh sebagian user Andal PayMaster 2011. Dan kami mendapatkan sambutan yang luar biasa baiknya, dari sisi kemudahan menggunakan aplikasi.

Tentunya didalam setiap perubahan akan terjadi tantangan tantangan, selama dua tahun ini kami mulai melihat apa saja tantangan yang akan kami hadapi dan bagaimana caranya untuk mengantisipasi tantangan tersebut.

  • Infrastruktur, kami harus mempersiapkan infrastruktur yang lebih baik. Sekarang ini kami mempunyai tools yang bernama AIM (Andal Information Management) tools ini digunakan untuk mengetahui response time dan resolution time dari team support kami, didalam AIM juga kami mempunyai catatan permasalahan yang ditanyakan oleh customer,  pertanyaan untuk support ini dapat dilihat di Dashboard Customer sehingga customer dapat memantau pertanyaan apa saja yang sudah ditanyakan dan apakah sudah diberikan solusinya
  • Pada Customer dashboard, customer juga dapat mengetahui kapan subscriptionnya habis waktunya, dan bila ada kontrak maintenance berapa sisa maintenance yang belum digunakan.
Ternyata kami harus meredesign AIM menjadi terintegrasi dengan marketing, Sistem Integrator, Support dan juga untuk registration. Sekarang ini Product registration menggunakan software tersendiri.

Kerja keras selama beberapa bulan ini telah terlihat hasilnya AIM versi 2 sudah mulai terlihat, dengan landasan yang baik, maka bisnis proses di dalam Andal Software akan mudah dilihat disetiap tahapan. Persiapan yang baik ini dapat dijadikan tumpuan untuk dapat terbang lebih tinggi lagi.

Kerja sama team di Andal Software yang sangat baik, membuat semangat dan antusiasme yang tinggi untuk mencapai apa yang telah kita rancang, tetapi semuanya kita tidak boleh lupa bahwa tangan Tuhan juga akan berperan dalam kita mengejar sesuatu sehingga akan terjadi pertumbuhan dalam diri kita semua.


Tidak ada komentar: