Sabtu, 30 Juli 2011

Kiat membangun team yang solid

Ini adalah buku ketiga dari Jon Gordon yang saya baca, berjudul soup, sebelumnya saya sudah membaca The Energy Bus dan No Complaining Rule. Soup berawal dari seorang Wakil Presiden dibidang Pemasaran yang bernama Nancy diangkat menjadi Presiden Soup Inc. Perusahaan ini dalam ambang kehancuran karena suasana kerja, banyak sekali rumor yang negatif dan juga dari dunia luar yang menyorot perusahaan Soup Inc.
Nancy dan rekan kerjanya yang bernama Brenda pada saat istirahat makan siang keluar kantor untuk mencari rumah makan, tiba tiba Nancy merasakan ada orang yang mengikutinya dan akhirnya Nancy melarikan diri bersama dengan Brenda dan menemukan rumah makan Sup Nenek yang cukup ramai. Mereka berdua makan di Rumah Makan Sup Nenek, dan berkenalan dengan Peter  serta Nenek yang memasak Supnya.
Mereka berempat ber bincang-bincang, Peter dan Nenek tahu permasalahan yang di hadapi oleh Nancy sangat berat yaitu bagaimana caranya membawa perusahaan Soup Inc. ini bangkit lagi. Dari perbincangan yang akhirnya sering terjadi karena Nancy juga sering makan di Soup Nenek, Nancy mendapatkan pelajaran yang cukup banyak dari Nenek, sehingga akhirnya Nancy dapat membawa perusahaan naik kembali, yang pada awalnya sudah akan dijual oleh para pemegang saham.
Selama saya membaca buku  tersebut, saya membayangkan Andal Software dimana saya telah membawa kapal Andal Software selama lebih dari 20 tahun, dalam perjalanannya pernah mengalami kandas di penghujung tahun 2002. Keadaan Andal Software hampir sama dengan Soup Inc, di Andal Software banyak terjadi rumor yang negatif, tidak ada trust antara atasan dan bawahan, seolah-olah semuanya berjalan sendiri-sendiri. Keadaan seperti ini memang menyulitkan untuk bergerak apa lagi lari.
Tidak mudah memang dalam membangun kembali kultur perusahaan yang sudah parah keadaannya, didalam Soup Inc, hanya memerlukan waktu yang sangat singkat hanya empat bulan, keadaan dapat berubah.
Cerita didalam soup Inc, hampir mirip dengan penalaman saya. Dan resep untuk menaikan kembali Soup Inc dituliskan pada halaman 212 yang bebunyi :
Aduk pancinya dengan kasih
Pimpin dengan optimisme
Bagikan Visinya
Bangun rasa percaya
Isi kekosongan dengan komunikasi positif
Tambahkan keterbukaan dan kejujuran banyak-banyak
Ciptakan keterlibatan dalam hubungan
Padukan semangat, motivasi, pemberdayaan, dan pelatihan
Penuhi dengan penghargaan
Panaskan dengan gairah

Itulah resep yang dituliskan dalam buku Soup. Waktu yang diperlukan dalam mengembangkan Andal Software hampir lima tahun, waktu yang lama tersebut diperlukan oleh pemimpinnya untuk bertumbuh dan berkembang terlebih dahulu, baru kemudian dapat menciptakan suasana dan lingkungan seperti yang terjadi pada akhir cerita Soup Inc.

Suasana kerja di Andal Software sekarang ini sangat bersemangat dan banyak sekali usulan-usulan sistem dari bawah untuk dapat memperbaiki kinerja Andal Software. Didalam Soup Inc. disebutkan bahwa keterlibatan karyawan menjadi sangat penting dan dapat digunakan menjadi suatu tolok ukur dalam memajukan perusahaan. Ada tiga kategori dalam keterlibatan karyawan
  •     Terlibat
  •      Tidak terlibat
  •       Melepaskan diri
Dari ketiga macam keterlibatan tersebut akan mempengaruhi hubungan, untuk karyawan yang terlibat hubungannya akan hangat, yang tidak terlibat hubungannya akan suam dan yang melepaskan diri akan dingin. Didalam kasus Soup Inc. karyawan yang dingin tidak dapat dihindari akan melepaskan diri dari perusahaan Soup Inc. mereka keluar hal ini tidak dapat ditahan. Hal tersebut juga terjadi pada Andal Software pada saat suasana menjadi bergairah, mereka yang dingin akhirnya tidak tahan sendiri karena mereka telah melapaskan diri, dan akhirnya keluar. Dengan keluarnya mereka yang dingin, gairah kerja didalam perusahaan justru meningkat, dan produktifitas menjadi naik.
Setelah saya membaca Soup, dan kemudian saya bandingkan dengan yang terjadi di Andal Software, dengan saya semakin yakin bahwa Andal dapat meloncat ke tempat yang jauh lebih tinggi dengan adanya team yang kompak, semangat, penuh antusiasme untuk mengejar visi perusahaan. Ini dibuktikan bahwa Andal PayMaster 2012 sudah selesai di release walaupun launchingnya baru diadakan pada tanggal 9 November 2011, dan sebetulnya versi 2011 baru saja di luncurkan bulan November tahun 2010. Artinya kami sudah dapat membangun dua versi dalam waktu yang paralel, menurut saya ini adalah prestasi team Andal Software yang saya patut hargai. Sekarang ini saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa melihat team Andal Software dapat maju dan berkembang seperti sekarang ini, hal ini kami sudah dapat menerapkan visi kami HELPING OTHER GROW, kami didalam team Andal Software dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik.

Reference Note :

Tidak ada komentar: