Rabu, 09 November 2011

Andal PayMaster 2012, Perubahan Bisnis Model dari Produk ke Services


Strategi bisnis  Andal Software untuk menggaet pangsa pasar yang lebih luas pada tahun 2012
Pada hari ini Andal Software meluncurkan Andal PayMaster versi 2012, di Hotel Sahid, Jakarta. Pada peluncuran tersebut banyak dihadiri oleh Partner dan beberapa customer. Johan Sandida Sistem Integrator Manager mendemokan produk barunya, disusul dengan Welly Rosianty Marketing Manager menjelaskan tentang potensi pasar software Payroll dan Andal PayMaster, dan diakhiri oleh Andreas IT Support dan Development manager menjelaskan road map Andal Produk dan sekaligus memperkenalkan cara kerja Andal Information Management, suatu tools yang digunakan untuk mengelola Andal Software.
Berikut ini adalah   Pers release nya.

Jakarta 9 November 2011 - PT Andal Software Sejahtera atau lebih dikenal dengan Andal Software, sebuah perusahaan lokal pengembang aplikasi solusi SDM terkemuka, hari ini meluncurkan produk terbarunya, yaitu Andal PayMaster 2012. Produk ini merupakan solusi tepat yang dapat membantu meningkatkan efektifitas kinerja perusahaan, terutama bagi departemen SDM.

Andal PayMaster 2012 merupakan aplikasi HR admin, Payroll, PPh 21 dan attendance yang terintegrasi. Setiap dua tahun sekali Andal Software meluncurkan versi terbaru dimulai dari versi 2007, 2009 dan yang terakhir versi 2011. Peluncurannya selalu dilakukan di akhir tahun sebelum tahun versinya, seperti versi 2011 di luncurkan pada bulan November tahun 2010. Peluncuran kali ini hanya selang waktu satu tahun dari versi sebelumnya, untuk meluncurkan produk versi baru dalam waktu yang singkat tentunya tidak mudah kalau tidak di dukung kerja sama tim yang baik.  Perubahan yang sangat terlihat adalah pada tampilan yang lebih sederhana sehingga dalam penggunaannya akan lebih mudah dan mempercepat proses belajar menggunakan aplikasi Andal PayMaster 2012. Walaupun tampilannya terlihat sederhana tetapi kemampuan untuk mengelola payroll dan perhitungan pajaknya mempunyai kemampuan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya.

 “Melihat kebutuhan software yang kian meningkat sekarang ini, kami kembali meluncurkan Andal PayMaster 2012, sebuah aplikasi payroll versi terbaru yang menjadi jawaban solusi bisnis bagi Human Resources Departement, demi mencapai efisiensi dan efektifitas bisnis yang maksimal,” kata   Indra Sosrodjojo, Direktur Andal Software. Dengan tampilan yang lebih sederhana serta fitur-fitur terbaru yang mudah digunakan, program ini diharapkan dapat mempercepat sistem kerja perusahaan. Perubahan yang sangat terlihat pada Andal PayMaster 2012 adalah tampilan layarnya yang lebih sederhana dan lebih sistematis dalam pengelompokan menunya. “Dibalik kesederhanaan tampilan inilah Andal PayMaster 2012 mempunyai kekuatan yang lebih seperti dikatakan oleh Leonardo da Vinci - Simplicity is The Ultimate Sophistication. Kesederhanaan adalah kecanggihan yang sesungguhnya,” lanjutnya.

Sementara itu, Welly V Rosianty, Manager Marketing Andal Software mengatakan : “Dengan tingginya kebutuhan pasar, kami berharap kehadiran Andal PayMaster 2012 ini dapat mencapai target penjualan sebesar 2 kali lipat dalam kuartal I/2012 dibandingkan dengan kuartal I/2011. Kedepannya, kami berharap dapat melakukan penetrasi pasar yang lebih luas lagi dalam jangka panjang.

Persiapan perubahan bisnis model dari produk ke services
Peluncuran yang cepat ini tentunya mempunyai alasan tersendiri untuk Andal Software yang mempunyai keinginan segera untuk mengubah bisnis model dari penjualan produk enterprise menuju ke bisnis model services. Meskipun demikian, Andal Software tetap akan terus menjual produk software Andal PayMaster, karena Andal PayMaster merupakan platform yang akan digunakan untuk menjual services tersebut. Perubahan bisnis model dari produk menuju ke services dapat dilakukan dengan memenuhi beberapa persyaratan. Salah satunya adalah jumlah customer diatas lima ratus. Sehingga Andal Software mentargetkan untuk meraih jumlah customer lebih dari seribu di akhir tahun 2014.  Untuk mendapatkan jumlah customer diatas seribu dalam waktu tiga tahun kami harus mengubah beberapa strategi antara lain :

1.      Produk
Produk Andal PayMaster harus mudah digunakan sehingga tanpa melakukan training pun para user sudah dapat memahami bagaimana caranya menjalankan aplikasi ini. Oleh karena itu, Andal Software dapat memangkas waktu training dari dua hari menjadi satu hari saja.
Dengan jumlah customer sekarang ini yang sudah mendekati angka dua ratus, dengan mudah Andal Software mendapatkan banyak sekali masukan mengenai fitur atau modul yang mana yang masih perlu dilakukan perbaikan. Dua tahun yang lalu pada saat akhir tahun dimana merupakan akhir tanggal pelaporan pajak tim support Andal Software sangat sibuk melayani pelanggan, sekarang ini tim support Andal Software jauh berkurang sibuknya walaupun jumlah customer sudah jauh lebih banyak, hal ini merupakan indikasi bahwa aplikasi Andal PayMaster jauh lebih stabil dibandingkan dengan versi yang sebelumnya.

2.      Implementasi
Untuk mendapatkan jumlah pelanggan yang banyak, maka waktu implementasi harus lebih cepat. Banyak perubahan yang telah dilakukan sehingga waktu implementasi jauh lebih cepat dibandingkan dengan dua tahun lalu, dari sekitar tiga hingga empat bulan, sekarang dapat diselesaikan dalam waktu satu bulan dan paling lama dua bulan. Dan waktu dua bulan pun sebetulnya hanya menunggu periode penggajian bulan berikutnya untuk mencocokan perhitungannya cocok. Target implementasi berikutnya dapat dipersingkat dan dipermudah lagi sehingga dapat dilakukan sendiri oleh customer.

3.      Support
Berdasarkan analisis dari Team Support dimana mereka secara langsung mendapatkan data yang di tanyakan oleh customer, kebanyakan dari pertanyaan disebabkan karena pemahaman penggunaan aplikasi belum baik, atau produknya yang sulit untuk di pahami. Data dari customer ini kami olah melalui tool Andal Information Management (AIM) untuk menganalisa permasalahan dan kemudian digunakan untuk perbaikan aplikasi pada versi selanjutnya.
AIM juga dapat memberikan informasi berapa lama rata-rata permasalahan di pelanggan dapat diselesaikan (Average Resolution Time), jumlah call setiap hari, dan jumlah pertanyaan yang tertunda.

4.      Marketing Strategi
Yang terakhir adalah marketing strategi, untuk meningkatkan jumlah user tidak lepas dari strategi marketing. Strategi marketing yang sama tentunya akan menghasilkan jumlah penjualan yang sama pula maka marketing strategi ini harus disesuaikan dengan keadaan dan juga pengalaman di lapangan. Dua bulan lalu, Andal Software sharing pengetahuan dengan rekan-rekan media tentang strategi memasarkan produk TI. Sekarang ini Andal Software sedang mengamati strategi yang sedang dijalankan dan terlihat bahwa strategi tersebut berjalan dengan sangat memuaskan. Andal Software akan melihat pertumbuhan penjualan dengan strategi tersebut dalam satu tahun kedepan.

Keempat hal tersebut diatas yang terus menerus ditingkatkan untuk mempersiapkan perubahan bisnis model dari produk ke services.

Tidak ada komentar: