Rabu, 02 November 2011

Proses kreatif di Andal Software


Launching Andal PayMaster 2012
Hari Rabu minggu depan pada tanggal 9 November 2011, Andal Software akan melakukan peluncuran produk Andal PayMaster versi 2012, tidak seperti biasanya dimana jadwal kami meluncurkan produk versi baru setiap dua tahun. Kali ini kami meluncurkan versi baru hanya berselang satu tahun. Tidak mudah tentunya meluncurkan suatu produk baru hanya berselang waktu yang sangat singkat, apalagi versi baru ini banyak mengalami perubahan terutama di tampilan yang jauh lebih sederhana tetapi mempunyai kemampuan yang jauh lebih besar.
Peluncuran yang cepat ini tentunya mempunyai alasan tersendiri, kami di Andal Software sudah tidak sabar lagi untuk mulai mengubah bisnis model dari penjualan produk enterprise menuju ke bisnis model services. Pertanyaan yang sering muncul pada saat saya mengatakan bahwa kami akan mengubah bisnis model kami adalah “ Apakah Andal Software tidak akan menjual produk enterprise lagi ?”, tentunya jawaban tersebut akan di jawab, bahwa kami masih akan terus menjual produk software Andal PayMaster, karena Andal PayMaster merupakan platform yang akan kami gunakan untuk menjual services tersebut. Nah, disinilah kuncinya. Karena Andal PayMaster akan dijadikan suatu platform untuk menjual services, tentunya pada saat pengembangan produk tersebut harus banyak yang dipikirkan, diantaranya adalah bagaimana kita dapat mempermudah penggunaaan Andal PayMaster, kalau bisa tanpa di training user sudah dapat menggunakan Andal PayMaster.  Proses implementasi yang mudah dan dapat dilakukan oleh user, sekarang ini proses implementasi sudah jauh lebih cepat dibandingkan dengan satu tahun yang lalu, rata rata implementasi sekarang ini satu bulan dengan catatan data yang ada di customer semuanya sudah benar, bahkan sekarng kami sedang mencari cara yang lain lagi untuk mempermudah customer dalam pengumpulan data mereka, karena kasus keterlambatan installasi software sekarang ini banyak sekali terjadi  karena pengumpulan data di customer yang lama. 

Proses Kreatif
Yang menarik dan membuat saya selalu semangat adalah proses kreatif. Dalam membangun tim agar dapat mencapai seperti keadaan sekarang ini memerlukan waktu yang cukup panjang, kesabaran yang extra, dengan visi organisasi yang jelas dan setiap anggota tim harus mengetahui visi tersebut, serta passion untuk setiap orang. Proses pembentukan tim ini sudah saya bahas dalam blog ini beberapa kali, karena proses kreatif tidak akan terjadi bila kultur belum terbentuk. Ibarat menanam pohon, bijinya tidak berada dalam tanah yang subur sesuai kondisi yang diinginkan oleh biji tersebut, kelembaban tanah yang memadai dan suhu udara yang tepat.
Proses kreatif dimulai dari permasalahan yang ada pada saat kita menghadapi pelanggan. Ada kemungkinan pelanggan juga tidak mengetahui bahwa itu adalah masalah, kepekaan permasalahan yang dapat ditangkap oleh tim member juga perlu di latih. Hal pertama yang perlu ditekankan kepada tim bahwa melakukan kesalahan adalah wajar karena kita semua sedang belajar, yang terpenting adalah apa yang perlu kita lakukan pada saat kita melakukan kesalahan. Dari kesalahan yang kita lakukan tentunya kita harus berpikir bagaimana caranya agar kesalahan tersebut tidak akan terjadi lagi. Apa yang kami tanamkan adalah pada saat kita dihadapkan oleh permasalahan yang ada maka yang perlu kita lihat adalah pelajaran apa yang kita dapatkan dari permasalahan tersebut, dan kemudian kita mencari solusinya itu apa ?, setelah itu kita akan berfokus pada solusinya kita tidak perlu lagi membicarakan permasalahannya. Ternyata dari hal kecil yang terlihat sepele ini, diskusi didalam tim menjadi hidup dan setiap anggota tim sering memberikan solusi-solusi yang kadang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Dan hasilnya adalah banyak sekali terjadi improvement didalam pengembangan produk, dan juga bisnis proses didalam internal Andal Software.

Perubahan Bisnis Model di tahun 2013
Hasil proses kreatif kalau dilihat dari luar adalah Produk Andal Software yang setiap dua tahun sekali menampilkan produk versi baru, dan selalu ada perbaikan yang cukup menonjol. Tetapi bisnis proses pun banyak sekali perkembangannya. Terutama di Marketing, Tim marketing Andal Software mempunyai data yang cukup lengkap mengenai software payroll apa yang banyak dipakai oleh perusahaan, dan perusahaan semacam apa yang memerlukan aplikasi seperti yang dibuat oleh Andal Software. Dengan kita memiliki data yang cukup lengkap dan baik, kami mempunyai lead generator engine yang cukup baik, dan sekarang ini sedang dilakukan perbaikan lagi, dan dari data yang dapat saya tangkap memang formulasinya benar. Artinya bila kami ingin menaikan jumlah pelanggan dalam setiap tahun, kami tahu apa yang harus kami tingkatkan, dan setelah dua tahun lebih kami melakukan pendataan, dan kami test ulang, ternyata angka-angka statistik yang kami dapatkan itu benar. Sekarang ini kami sedang melakukan perbaikan dalam lead generator engine kami, agar angka statistiknya bisa lebih baik lagi. Dari angka-angka yang saya pelajari dari data marketing tersebut kami dalam tim men-targetkan jumlah pelanggan kami dapat mencapai hingga seribu pelanggan lebih pada akhir tahun 2014.
Atas dasar prediksi tersebut diatas, kami akan mengubah bisnis model kami menjadi services yang kalau didunia business modelnya Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur disebut sebagai multi sided business model pada tahun 2013. Business model ini digunakan oleh ITune yang menjadi besar sekarang ini, dan sekarang banyak perusahaan software besar mengikuti model bisnis ini, bahkan Microsoftpun sedang menuju ke model bisnis ini. Untuk dapat memulai bisnis model multi sided harus mempunyai customer base yang jumlahnya besar, dengan jumlah customer yang kecil model bisnis ini tidak akan berjalan. Model bisnis ini seperti bisnis mall, dimana mall menarik pengunjung dengan mengundang tenant yang ada, tetapi bila tenantnya tidak ada maka pengunjungpun akan sepi, maka seringkali mal memberikan harga diskon yang besar sekali untuk anchor tenant, tujuannya adalah untuk menarik pengunjung, dan setelah pengunjungnya banyak maka tenant akan berdatangan membuka tokonya.
Perubahan bisnis model ini juga merupakan proses kreatif yang terjadi didalam tim Andal Software, proses ini sudah berjalan cukup lama, banyak hal yang perlu dipertimbangkan mulai dari produk, infrastruktur untuk menunjang bisnis model tersebut, serta go to market strategy nya.  

Tidak ada komentar: