Jumat, 04 Oktober 2013

Masalah Membuat Kita Bertumbuh

Setiap manusia pasti mempunyai masalah, apakah itu masalah yang besar atau kecil. Seperti kata Einstein “We cannot solve our problems with the same thinking we used when we created them”. Artinya pada saat kita punya masalah kita harus bertumbuh untuk menyelesaikan masalah tersebut, setelah kita bertumbuh barulah kita dapat menyelesaikan masalah tersebut, karena kita sudah naik kelas.

Beberapa tahun yang lalu pada saat Andal Software mulai membenahi organisasi, untuk  mengubah kultur kerja,. Ada satu divisi hampir semuanya keluar, dan keluarnya secara bergantian satu persatu. Apa yang saya pikirkan pada saat itu adalah bagaimana caranya menggantikan divisi tersebut secara cepat, tentunya tidak dapat dilakukan rekruitmen untuk menggantikan di posisi tersebut, karena orang yang baru masuk belum mengetahui prosesnya.

Apa yang dapat saya pelajari dari kejadian tersebut diatas ? rupanya dengan kejadian itu, kami belajar bagaimana melakukan rekruitment yang baik. Kita belajar bagaimana melakukan rekruitment untuk mendapatkan orang-orang yang terbaik. Akhirnya kita memang mendapatkan orang orang yang terbaik. Seandainya permasalahan itu tidak terjadi, tentunya team kami masih seperti sebelumnya tidak ada peningkatan, dengan adanya penggantian team maka kami dapat meningkatkan kinerja di divisi tersebut. Jadi sebetulnya yang sebelumnya kami anggap sebagai masalah sebenarnya adalah untuk memperbaiki apa yang kita miliki, kalau memang itu masalah maka Andal tidak seperti sekarang ini.

Kejadian tersebut yang kami anggap masalah sebenarnya adalah proses dalam perbaikan organisasi, kita memerlukan orang orang baru yang dapat bekerja dengan kecepatan yang lebih tinggi. Jadi apa yang dikatakan Einstein bahwa kita tidak dapat menyelesaikan masalah kita dengan cara berpikir kita pada saat masalah tersebut terjadi. Yang saya pelajari sebenarnya, pada saat kami menganggap itu adalah masalah, setelah kita melewatinya ternyata itu bukan masalah melainkan jalan untuk mencapai suatu tingkatan yang lebih tinggi lagi. Disini kita belajar melihat sesuatu dengan sudut pandang yang berbeda.

Masalah yang pada waktu terjadi menurut saya sangat berat adalah pada saat Andal terpuruk pada tahun 2002 akhir. Itu terjadi karena Andal merilis produk baru di tahun 2001 dan pada saat menjual produknya harus dilakukan penyeseuaian dengan kebutuhan pelanggan. Pada tahun 2002 penjualan meningkat tajam hampir dua kali lipat, yang terjadi adalah pekerjan untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan meningkat lebih dari dua kali lipat. Yang terjadi adalah banyak pekerjaan menggantung tidak dapat diselesaikan walaupun sudah menambah banyak team baru. Di satu saat saya pernah hampir menutup Andal Software karena saya merasa bebannya berat sekali, untung ada teman saya yang mengatakan “jangan tutup jalan terus dengan biaya yang minimal”, maka saya ikuti apa kata teman saya.

Ternyata benar kata teman saya, masalah yang saya hadapi waktu itu sebenarnya adalah pemberi tahuan kepada saya bahwa untuk menjalankan bisnis software agar menjadi besar tidak seperti itu caranya, kita harus mengganti cara. Seandainya hal itu tidak terjadi, kemungkinan saya masih menjalankan Andal Software seperti pada tahun 2001 itu, dan belum tentu Andal dapat berkembang seperti sekarang ini. Jadi kalau kita lihat lebih dalam lagi apakah itu masalah ? ya mungkin itu masalah pada saat itu, tetapi setelah kita melewatinya sebenarnya kita diberikan cara untuk kita dapat meloncat ke yang labih besar lagi. Sekarang ini saya sangat bersyukur bahwa hal itu terjadi, sehingga saya dapat membawa Andal seperti sekarang ini.

Tidak ada komentar: