Rabu, 06 November 2013

Perubahan Hidup Seorang Anak Manusia



Beberapa hari yang lalu saya datang ke sebuah seminar yang menceritakan tentang perubahan yang dialami oleh pembicara dalam seminar tersebut. Saya sangat terinsipirasi dengan perubahan yang terjadi didalam diri si Pembicara. Saya sengaja samarkan namanya, mereka mempunyai latar belakang keluarga yang jauh berbeda, dan lingkungan mereka berdua dibesarkan juga berbeda, dan mereka berdua menjalin rumah tangga. Perjuangannya sangat luar biasa untuk sang Istri maupun suaminya, tetapi sekarang mereka mendapatkan hasilnya, kehidupan yang luar biasa menurut saya, mereka sekarang ini sudah merasakan jalan-jalan ke beberapa benua. 

Latar Belakang
Toto anak kedua dari tiga bersaudara dan lelaki satu-satunya didalam keluarga, pada saat masih remaja di bangku SMA ayah Toto meninggal dunia. Dan Toto kehilangan seorang figur ayah, akibatnya dia terjerumus dikehidupan malam yang banyak segala macam kegiatan ada disana.
Sedangkan Tata anak dari keluarga broken home, walaupun dari sisi ekonomi jauh lebih baik dibandingkan dengan Toto. Tata seorang pekerja keras dan mempunyai impian yang kuat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, dan impian itu dia tulis termasuk suami yang dia inginkan seperti apa di tulis didalam buku impiannya.
Dalam suatu perjalanan didalam mobilnya dia mendengarkan CD yang bercerita mengenai kehidupan, dan dia mendengar untuk mendapatkan suami yang baik, tidak saja dilihat dari luar tetapi perlu di uji. Dan Tata punya check listnya untuk menguji calon suaminya, Tata sudah mempunyai pacar pada saat itu, dan pada suatu saat pacarnya memperkenalkan Tata kepada Toto. Pada saat putus dengan pacarnya, Tata mencari calon pasangannya, setelah melihat sekilas sepertinya Toto orang yang tepat untuk menjadi suami Tata, dan Tata tidak pernah mau melihat latar belakang seseorang, karena menurut dia latar belakang dapat berubah selama orang tersebut mempunyai impian yang kuat untuk berubah. Test pertama tentunya Tata ingin mengetahui apakah impian sang calon kekasih tersebut. Setelah berbincang lama dan menginterview Toto, Tata merasa bahwa test pertama lulus. Kemudian Tata melakukan beberapa kali test pada Toto, tentunya Toto tidak mengetahui bahwa dirinya sedang di test, mereka sering bertemu karena keduanya mempunyai hubungan bisnis. Dan ternyata Toto lulus test yang diberikan oleh Tata, maka Tata merasa yakin bahwa Toto adalah lelaki yang memang cocok untuk jadi calon suaminya sesuai dengan apa yang dia impikan.
Setelah mereka berdua menikah, tentunya mereka tidak mendapatkan apa yang mereka bayangkan karena memang keduanya mempunyai latar belakang yang berbeda. Saya ingat cerita Tata yang mengatakan “saya belum pantas mendapatkan suami seperti apa yang saya inginkan”. Dari kata kata tersebut saya belajar banyak, artinya Tata harus bertumbuh untuk melihat suatu sisi yang lain dari Toto, kan Toto sudah lulus semua test menurut kriteria Tata.
Perubahan sudut pandang yang terjadi pada Tata tidaklah mudah, tetapi Tata telah mengalaminya, bagaimana dia bersabar, mau merendahkan hati untuk menerima Toto seperti apa adanya, dan mau mengarahkan Toto, itu adalah perjuangan yang luar biasa.
Sebaliknya sekarang Toto menjadi orang yang hebat cara Toto berpikir, dan Toto sekarang menjadi pahlawan untuk keluarganya, dapat membawa keluarganya ke kehidupan yang jauh lebih baik. Tentunya perjuangan Toto juga tidak kalah hebatnya, karena dari kebiasaan yang kurang baik, menjadi seseorang yang berhasil itu tidaklah mudah, kalau tidak mempunyai pembimbing yang kuat.
Keadaan keluarga Toto dan Tata sekarang ini sangat baik sekali, dan mereka katakan bahwa sekarang mereka merasakan hubungan yang sangat mesra dibandingkan pada saat diawal pernikahan, mereka sudah tujuh tahun menikah.

Menjinakan Serigala
Pada saat saya mendengarkan cerita mereka, tentunya perjuangan mereka berdua tidaklah mudah, karena Toto sendiri sudah tidak dianggap dilingkungan keluarganya. Tetapi dengan kesabaran Tata, kerendahan hati, dan persisten dalam menuju impian mereka, akhirnya mereka dapat bertumbuh bersama dengan hasil akhir yang luar biasa, walaupun sekarang ini mereka masih berjuang untuk meraih impian impian mereka selanjutnya. Tetapi saya melihat perubahan yang luar biasa dari Toto, dari seorang yang liar menjadi seorang yang penuh kasih.

Tidak ada komentar: