Senin, 09 Desember 2013

Menghilangkan Kendala




Saya banyak sekali berdiskusi dengan teman-teman yang berbeda-beda, ada diantara mereka yang sering mengalami banyak kendala, setiap kali saya bertemu ceritanya kendala. Tetapi ada sebagian teman saya yang lain, kalau bertemu dengan mereka selalu antusias dengan apa yang sedang mereka kerjakan. Kemudian saya mulai bertanya dalam diri sendiri apa yang membuat beda di kedua kelompok tersebut ? apakah benar sebagian teman saya yang antusias itu mujur saja, tidak mengalami masalah yang besar ?

Masalah sudut pandang
Bagaimana seseorang memandang permasalahan yang sedang dihadapi menjadi perbedaan yang sangat signifikan. Bila seseorang memandang bahwa dalam hidup selalu ada masalah yang harus kita hadapi, dan setiap menghadapi masalah adalah bagus karena kita akan naik kelas, maka perasaan kita menjadi semangat dalam menghadapi masalah tersebut. Karena pada saat menghadapi masalah tersebut kita tahu bahwa setelah urusan ini selesai, maka persoalaannya akan menjadi jelas dan dapat diselesaikan.
Sedangkan sebagian teman saya yang selalu mengeluh dia akan mendapatkan permasalahan yang sama terus menerus.
Pertanyaan berikutnya adalah, bagaimana caranya dapat mengubah sudut pandang ?, saya mempunyai pengalaman dari teman saya, dia suka bermain golf, dan karena dia bermain golf secara rutin, dia mengenal baik beberapa cady yang sering bersama teman saya ini. Pada suatu saat salah seorang cadynya ingin meminjam uang karena anaknya sakit keras dan harus masuk rumah sakit. Karena merasa iba teman saya ini memberi uang kepada cady tersebut, dan mengatakan bahwa uang itu adalah sumbangan dia untuk anaknya. Setelah beberapa lama sang cady tidak pernah muncul lagi  dilapangan golf. Dan teman saya ini bertanya pada teman cady tersebut, ternyata anaknya tidak sakit, dia telah berbohong agar diberi uang. Setelah teman saya tahu bahwa sang cady berbohong, teman saya mengatakan bahwa dia sangat bersyukur bahwa anaknya tidak sakit.
Sudut pandang berbeda memberikan reaksi yang berbeda, mungkin kalau itu terjadi pada saya, saya akan marah karena saya merasa di bohongin, tetapi teman saya merasa bersyukur karena anaknya tidak sakit.
Saya mengenal beberapa orang yang sudah sangat sukses didalam kehidupan mereka, memang cara mereka berpikir sangat berbeda, saya merasa belajar banyak tentang kehidupan ini, kalau saya sedang berbicara dengan mereka. Saya belajar juga betapa pentingnya membaca buku yang bermutu untuk pengembangan diri, sehingga dapat mengubah pola pikir kita. Karena saya percaya apa yang dikatakan oleh teman-teman saya bahwa kesuksesan dimulai dari pola pikir kita.

Goal yang kuat
Yang saya alami selama ini pada saat saya mempunyai goal yang besar, dan saya sudah tahu jalan yang harus ditempuh untuk mencapai goal tersebut, maka kita akan merasa semangat sekali untuk menyelesaikan langkat-langkah menuju goal tersebut. Seperti sekarang ini saya mempunyai goal pribadi yang sangat kuat, saya menemui banyak tantangan dalam menapaki jalan yang sudah saya pikirkan. Tetapi karena goal saya kuat, maka pada saat saya menemui tantangan yang saya lakukan adalah untuk mencari solusi untuk mencapai tujuan. Saya tidak punya waktu untuk memikirkan masalahnya lagi. Hal ini saya lakukan pada saat saya berdiskusi dengan teman saya, dan pada saat saya mulai mengeluh teman saya bertanya apa sih yang ingin kamu capai ? apa goal kamu dalam 5 tahun kedepan ? kemudian teman saya tersebut mulai berbicara tentang goal saya. Persis seperti pada bukunya John C. Maxwell yang berjudul “Put Your Dream To The Test”. Kemudian teman saya mengatakan bahwa kalau saya mempunyai goal yang kuat maka masalah tidak akan terlihat, tetapi kalau goal saya lemah maka masalah akan banyak sekali. Goal yang kuat di tandai dengan sense of urgency, saya merasa harus dapt goal tersebut. Terus teman saya mulai bercerita, seandainya sekarang kamu tidak punya cukup uang, kemudian anak kamu di sandera, dan penyandera tersebut minta tebusan uang yang cukup banyak, kalau tidak diberi maka anakmu akan dibunuh. Apa yang akan kamu lakukan ? pasti dengan segala cara kamu akan berusaha bagaimana caranya mendapatan uang untuk dapat membayar uang tebusan.
Kemudian teman saya bertanya lagi, apa dalam hidupmu yang dapat menggerakan kamu untuk berusaha seperti apa bila anakmu di sandera tersebut ?
Pelajaran yang saya dapat dari obrolan tersebut adalah, dengan mempunyai goal atau impian yang kuat, kita dapat menyingkirkan semua kendala yang dihadapi.

Tidak ada komentar: