Selasa, 24 Desember 2013

Success Start With Believe



Membaca ulang buku The Magic Of Thinking Big yang telah saya baca beberapa tahun yang lalu, rasanya seperti membaca buku yang belum pernah saya baca sebelumnya. Banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan. Mengapa membaca buku yang kedua kalinya setelah sekian lama rasanya berbeda dengan pada saat pertama kali saya membaca buku ?, teman saya pernah mengatakan pada saya untuk dapat mengerti buku yang saya baca saya harus mempunyai pengetahuan yang hampir sama dengan penulis buku pada saat dia menulis buku tersebut. Karena didalam menulis tentunya tidak semua latar belakang pemikiran dituliskan, sehingga penulis buku mengasumsikan bebeapa hal yang pembaca harus sudah mengetahui. Saya mengambil kesimpulan sekarang ini pada saat saya membaca ulang buku tersebut setelah sekian lama, berarti saya mengalami pertumbuhan dalam cara berpikir, walaupun saya ingin bertumbuh lebih lagi. Jadi sekarang ini saya sangat rajin untuk mempromosikan kepada teman teman di kantor untuk membaca buku, karena saya merasakan sekali dampaknya setelah beberapa tahun terakhir ini saya membaca buku secara rutin.
Akhir akhir ini saya sering sekali bertemu dengan teman baru dari berbagai kalangan pendidikan maupun status sosial yang berbeda. Pertanyaannya adalah apa yang membuat perbedaan antara orang yang sukses dan orang yang rata-rata, serta orang yang dibawah rata-rata ? apakah orang yang dibawah rata rata dapat menjadi orang yang sukses ?

Proper Self Image
Ada beberapa teman saya yang mengatakan bahwa dirinya gak bisa melakukan sesuatu karena pendidikan, atau karena masih muda atau banyak alasan lainnya. Mereka tidak percaya bahwa dirinya dapat melakukan sesuatu. Sehingga mereka mempunyai citra diri yang rendah, citra diri yang rendah ini adalah salah satu penyebab orang tersebut tidak dapat sukses. Karena dengan citra diri yang rendah biasa mereka mempunyai banyak alasan untuk tidak melakukan sesuatu yang dapat menuju kejalan kesuksesan. Banyak dari mereka yang berpikir masalah sedangkan orang-orang sukses berpikir bagaimana dapat mencapai kesuksesan bukan permasalahannya yang dipikirkan.

Bagaimana mengembangkan kekuatan kepercayaan diri ?
Didalam bukunya The Magic of Thinking Big, Dale Carnegie mengatakan ada tiga hal yang perlu dilakukan :
1.       Berpikir Sukses, artinya berpikir untuk menjadi sukses banyak orang yang berpikir tidak bisa sukses karena yang dipikirkan adalah kendala.
2.       Ingatkan selalu diri anda, bahwa anda adalah orang yang lebih baik dari apa yang anda pikirkan. Kesuksesan bukan karena kita adalah orang yang super, dan bukan juga karena keberuntungan, melainkan karena kita memikirkan bahwa kita orang yang dapat menjadi sukses
3.       Mempunyai rasa percaya yang besar, kesuksesan diukur dari seberapa besar kita percaya bahwa diri kita bisa sukses. Semakin besar kita percaya bahwa diri kita bisa sukses, semakin besar pula kesuksesan ada di tangan kita.
 Tentunya kesuksesan tersebut harus kita perjuangkan, kita tidak dapat hanya berpikir seperti tiga point diatas kemudian kita menjadi sukses. Tetapi dengan berpikir seperti pada tiga point diatas, kita akan bekerja lebih semangat lagi, karena kita merasa bahwa diri kita bisa mencapainya. Akhirnya kendalapun dapat diatasi karena kita bekerja untuk meraih kesuksesan kita.

Pelajaran yang Saya Dapatkan
Kesuksesan bukan milik segelintir orang, semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan. Tetapi pertanyaannya adalah maukan kita  untuk sukses ? maukah kita untuk membayar harganya untuk menjadi sukses ? karena semuanya ada harga yang harus kita bayar. Perjuangan kita akan membuahkan hasil kalau cara berpikir kita benar.

Tidak ada komentar: