Selasa, 13 Mei 2014

Hubungan : Kunci Kesuksesan



Pada saat saya masih sekolah di sekolah menengah maupun di perguruan tinggi, banyak teman saya yang saya pikir dalam kehidupannya tidak akan sukses, karena mereka sering tidak masuk kuliah. Sering membuat keonaran di sekolah, dan tentunya mereka tidak mempunyai prestasi akademis. Pemikiran saya pada saat itu, untuk menjadi seorang yang sukses dalam hidup harus memunyai prestasi secara akademik.
Setelah puluhan tahun berlalu, ternyata hasilnya berbeda dengan apa yang saya bayangkan pada saat saya masih sekolah atau kuliah, teman saya yang dianggap tidak mempunyai prestasi dan suka membuat keonaran di kelas ternyata mempunyai kehidupan yang lebih baik dibandingkan dengan rata rata teman saya yang mempunyai prestasi akademik di kampus. Mereka yang mempunyai prestasi akademik banyak juga yang sekarang ini mengabdi di perguruan tingginya.
Ternyata setelah saya amati dan baca dari beberapa buku mengatakan bahwa faktor hubungan dengan manusia adalah salah satu faktor untuk dapat mencapai kesuksesan, kemudian apa hubungannya dengan pengamalaman saya waktu masih sekolah atau kuliah ?, ternyata teman saya yang mempunyai prestasi secara akademis, kebanyak dari mereka tidak banyak bergaul dengan teman-temannya, sehingga kemampuan untuk berhubungan dengan teman atau orang lain tidak sebaik dengan teman lainnya.
Orang akan bertumbuh pada saat berhubungan dengan orang lain atau dalam bekerja untuk mencapai tujuan maka akan mengalami kekecewaan, kekesalan, kesakitan dan perasaan tidak enak lainnya bahkan kegagalan akan memberikan pengalaman pribadi yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan dalam dirinya. Pada saat saya ikut seminar pembicaranya adalah Nancy Dornan, dia mengatakan manusia itu seperti biji, hampir setiap biji mempunyai kulit yang keras untuk melindungi embrio dan makanan embrio yang ada didalam biji tersebut. Kalau kulit yang keras tersebut tidak terbuka, maka embrio yang ada didalam biji tersebut tidak akan tumbuh dan menghasilkan tanaman yang berbuah kembali. Agar biji dapat bertumbuh maka biji tersebut harus diletakan didalam tanah, dan terkena tekanan, air, mineral, kemudian kulitnya terbuka, dan embrio yang ada didalam biji tersebut akan bertumbuh yang mendapat makanan awal dari cadangan makanan yang didapatkan dalam dirinya kemudian dia mulai mengambil makanan dari sekelilingnya.
Sama halnya dengan manusia, bila dia ingin bertumbuh dan menghasilkan buah yang banyak, maka kulit yang keras nya harus terbuka terlebih dahulu, kemudian akan masuk banyak hal di sekeliling biji tersebut ada hal hal baik, dan ada juga hal hal yang kurang baik bahkan tidak baik sekalipun ada. Nah tergantung bagaimana kita dapat memfilter agar yang masuk jauh lebih banyak hal hal yang baik, sehingga kita akan bertumbuh dan menghasilkan buah yang lebat dan buahnya disukai oleh banyak orang, kemudian banyak orang yang ingin menanam biji dari pohon tersebut. Dari sinilah timbul kemakmuran, orang yang tidak mau memberi yang baik kepada orang lain, maka tidak ada yang mau menyebarkan dan menanamkan bijinya untuk bertumbuh.
Saya mempunyai seorang teman yang karirnya cukup sukses di dalam satu perusahaan internasional yang cukup dikenal, beberapa puluh tahun yang lalu dia mengundurkan diri dari perusahaan tersebut dan mulai merintis usaha sendiri, tetapi akhirnya dia bekerja kembali. Sekarang ini karirnya tidak sebagus pada saat dia masih bekerja di perusahaan internasional tersebut, yang saya tau dia selalu ingin mendapatkan dari orang lain, tetapi dia tidak pernah mau memberi, kalau mau memberipun selalu dia berhitung. Secara inteletual dia pandai, tetapi secara pribadi tidak bertumbuh, biji yang bagus sekalipun kalau tidak bertumbuh tidak akan menghasilkan buah yang lebat dan dapat dinikmati oleh banyak orang.

Pelajaran yang saya dapatkan
Untuk menjadi sukses kita harus menjadi tumbuhan yang berbuah lebat dan berbuah lezat sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang. Dalam kehidupan saya belajar, bahwa untuk meraih kesuksesan kita harus dapat memberikan yang paling baik dari apa yang dapat kita hasilkan, sehingga banyak orang yang menyukai kita. Dengan memberikan yang terbaik dari apa yang dapat kita hasilkan juga akan membuat kita sebagai manusia bertumbuh, karena kita selalu belajar dan belajar untuk menghasilkan yang terbaik.

Tidak ada komentar: