Jumat, 27 Juni 2014

Alat Untuk Membangun Kemakmuran

Archimides seorang ahli matematik dari Yunani pada tahun 287 sebelum masehi mengatakan bahwa berikan saya pengungkit yang cukup panjang dan ganjalnya maka saya akan dapat mengangkat dunia. Archimedes pada jaman itu sudah tahu bahwa dengan menggunakan alat yang tepat maka dia dapat melakukan banyak hal yang ingin dia lakukan.
Archimides tahu bahwa kita dapat melakukan sesuatu yang lebih besar dengan menggunakan alat. Alat yang digunakan untuk mengungkit dunia adalah pengungkit dan ganjalnya.
Pada saat sebelum terjadinya revolusi industri, banyak perusahaan garment menggunakan mesin tenun dengan menggunakan tangan, pada saat ditemukannya mesin uap maka pabrik garment menggunakan mesin uap untuk menjalankan mesin tenun. Akibat dari penggunaan mesin uap ini, produktifitas mesin tenun meningkat pesat, sedangkan pabrik yang masih menggunakan tenun dengan tangan tidak dapat berkompetisi karena hasil produksi denan menggunakan mesin uap jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan tangan, dan akhirnya mesin tenun dengan tangan banyak yang tutup. 
Kembali lagi disini alat sangat berperan dalam membangun kemakmuran, tetapi alat yang seperti apa ? menggunakan mesin tenun sudah menggunakan alat, tetapi alat yang lebih efisien sehingga dapat meningkatkan produktifitas akan dapat membangun kemakmuran.
Seratus tahun setelah terjadi revolusi industri yang pertama, ditemukan tenaga listrik, dan perlengkapan listrik yang lainnya seperti lampu, motor listrik dan sebagainya. Perusahaan mobil sebelum adanya revolusi industri kedua ini, membuat mobil dengan tangan dan dibuat satu persatu sehingga harga mobil pada saat itu sekitar US$ 2,000.00, sedangkan gaji karyawan perhari US$ 1.50. Sehingga mobil dianggap sebagai barang mewah, dan banyak perusahaan mobil berlomba membuat mobil mewah dengan harga lebih mahal lagi. Kemudian Henry Ford yang mempunyai visi setiap orang yang mempunyai pekerjaan yang layak dapat memiliki mobil, Henry membangun pabrik mobil dengan konsep ban berjalan, dan mobil dari pabrik yang baru tersebut dijual dengan harga US$ 875.00, banyak orang yang dapat membeli mobil Ford dan akhirnya perusahaan Ford berkembang pesat, empat tahun kemudian harga mobil di turunkan lagi menjadi US$ 525.00. Agar karyawan juga dapat membeli mobil maka gaji karyawan yang tadinya US$ 1.50 sehari dengan jam kerja lebih dari 8 jam, Henry menaikan gajinya menjadi US$ 5.00 dan jam kerja dibatasi hingga 8 Jam per hari.
Akibat dari kenaikan gaji karyawan yang sangat besar tersebut, maka perusahaan lainnya pun ikut menaikan gaji karyawannya, sehingga penduduk Amerika yang bekerja dapat membeli mobil, sehingga pasar mobil meningkat, tentunya yang mengambil pasar yang besar ini adalah perusahaan mobil yang dapat memproduksi dalam jumlah yang besar, yakni yang menggunakan ban berjalan seperti Ford. 
Henry Ford menggunakan alat yang lebih produktif yaitu perakitan mobil dengan ban berjalan, bagaimana kita bisa membuat alat itu lebih efesien, yang dapat dilakukan efisiensi adalah proses. Sehingga kita selalu harus mengevaluasi proses, apakah proses yang sekarang kita lakukan bisa lebih efisien lagi, kembali lagi dengan adanya alat tertentu maka efisiensi didalam proses bisa dilakukan.

Apa yang dapat kita pelajari ?
Dari cerita diatas saya dapat mempelajari bahwa kemakmuran dapat dicapai bila menggunakan alat yang tepat, dan alat tersebut digunakan untuk mencapai efisiensi dalam suatu proses.
Untuk membangun kemakmuran ada hal yang harus dijual, kalau saya amati dari revolusi industri pertama komoditas yang ramai adalah pakaian, karena pada saat itu pakaian masih sulit didapat karena harus dibuat dengan tangan, begitu pakaian dapat dibuat dengan mesin, maka biaya produksi menjadi lebih murah dan pasar pakaian meningkat pesat karena dapat terjangkau oleh banyak orang.
Pada revolusi industri kedua yang berkembang pesat industri mobil, pada saat itu mobil merupakan sarana untuk mencapai kesuatu tujuan dengan lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan dengan kereta kuda. Henry Ford memproduksi mobil murah dibandingkan dengan mobil yang ada, maka menciptakan pasar mobil yang lebih besar lagi, dan banyak orang yang mampu untuk membeli mobil. 
Revolusi digital sekarang ini sedang berlangsung, Bill Gate dengan Microsoftnya membuat software untuk menjalankan komputer, dan komputer dibutuhkan oleh banyak orang untuk bekerja bisa lebih cepat lagi, maka alat yang bernama software tersebut dengan cepat banyak digunakan oleh manusia.
Revolusi digital masih terus berlangsung, dan sekarang inilah banyak kesempatan yang dapat dicapai untuk mencapai kemakmuran. Pertanyaannya adalah alat apa yang dapat kita buat agar dapat digunakan oleh orang untuk bekerja lebih efisien ? dan tentunya akan digunakan oleh banyak orang. Selamat berpikir, dan semoga sukses.

Tidak ada komentar: