Selasa, 04 Desember 2012

Bersyukur


Saya merasa mendapatkan banyak hal pada saat melakukan refleksi diri, khususnya di tahun 2012 yang sudah hampir berakhir, refleksi diri disetiap akhir tahun sudah menjadi kebiasaan saya selama beberapa tahun belakangan ini.
Di akhir tahun lalu saya mulai melihat lebih dalam kata bersyukur, dan saya mulai mencoba untuk mengucapkan syukur pada keadaan apapun yang saya alami. Memang tidak mudah untuk bersyukur dalam keadaan yang kita rasakan kurang enak, sangat sulit bersyukur pada saat kita mendapatkan sesuatu tidak seperti apa yang kita harapkan.
Pada saat saya ingin belajar mengucapkan syukur pada apa saja yang saya terima, saya merasa tantangan demi tantangan yang saya dapatkan. Saya berusaha keras untuk melihat semua sisi positif apa yang saya terima, saya selalu melihat hal apa yang dapat saya pelajari dari tantangan yang saya dapatkan. Saya teringat akan kalimat yang mengatakan “Tuhan tidak memberikan apa yang kita inginkan, tetapi Dia akan memberikan apa yang kita butuhkan”. Memang benar sekali pada saat saya mulai dapat melihat sisi positif banyak hal yang saya dapatkan. Saya dapat melihat tantangan yang ada menjadi lebih jernih lagi.

Mengubah Sudut pandang
Selama tahun 2012 saya banyak menceritakan peristiwa yang terjadi sepuluh tahun yang lalu antara tahun  2002-2003 dimana, saya mengalami kejatuhan di Andal Software, dan saya selalu mengatakan bahwa “Seandainya pada tahun 2003 saya tidak mengalami kejatuhan, mungkin Andal Software tidak seperti sekarang keadaannya”. Setiap kali saya mengatakan kalimat tersebut, akan mengingatkan saya bahwa jatuhnya Andal Software di tahun 2003, memberikan pelajaran yang sangat berharga, yang membawa Andal Software seperti sekarang ini, memang belum sebesar apa yang dapat saya bayangkan, tetapi jalannya sudah terlihat sangat jelas sekali.
Dengan mengungkapkan hal tersebut saya mengakui bahwa tantangan yang saya dapatkan sebetulnya memberikan pelajaran untuk saya, agar saya dapat lebih baik lagi, dan tentunya saya meng-amini pendapat bahwa “Tuhan tidak memberikan apa yang kita inginkan, tetapi Dia akan memberikan apa yang kita butuhkan”
Diperlukan perubahan sudut pandang agar kita dapat menerima tantangan menjadi suatu pelajaran yang sangat berharga.  Banyak terjadi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh team Andal Software, tetapi kalau saya ingat kembali, justru dari kesalahan yang dilakukan oleh team di Andal Software yang membuat Andal Software memperbaiki sistemnya maupun produknya. Dari pengalaman ini saya pernah menuliskan di blog ini yang berjudul Kesalahan yang membawa berkah”, seandainya tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh team Andal, mungkin kita tidak memikirkan bagaimana caranya agar kesalahan tersebut tidak terjadi lagi, akibatnya kita banyak belajar untuk mengembangkan produk maupun cara kita bekerja. Disinilah sebenarnya terjadi “Learning Organization*)”, setiap anggota team selalu di pacu untuk terus belajar meningkatkan skill dan knowledge, untuk dapat membantu orang lain agar dapat bertumbuh juga, sesuai dengan mission Andal Software, “Helping Others Grow”.

Didalam kemalangan pasti ada kebaikan
Orang Cina mempunyai gambar Yin dan Yang seperti pada gambar disamping ini, gambar ini menunjukkan keseimbangan hampir disetiap kehidupan kita mengalaminya, ada siang dan malam, panas dan dingin, kesulitan dan kemudahan. Yang dapat saya petik dari pengalaman hidup selama ini disetiap kemalangan pasti ada kebaikan. Dan disetiap kemalangan kita dapat belajar untuk menjadi lebih baik lagi. Saya belajar bahwa penggunaan kata yang kita ucapkan juga akan mempengaruhi perilaku kita, seperti kemalangan atau hambatan saya akan mengatakannya sebagai tantangan yang harus saya hadapi bukan harus dihindari, dengan menghadapi tantangan maka kita akan bertumbuh menjadi lebih baik lagi.

 *) saya akan menulis dalam satu artikel sendiri mengenai learning organization, yang diterapkan di Andal Software

2 komentar:

Aaep Zaenal Rahmat mengatakan...

Terima kasih Pak indra.
Tulisan Bapak memberi inspirasi luar biasa.
Sukses selalu Pak.
Amin.

Ripcurl Crom mengatakan...

Thnk Pak Indra,,,
Sukses Buuat Pak indra,,,,
Jngn lupa Pak indra
Visit- and Comment Back....
Http://ripcurl-crom.blogspot.com