Senin, 22 September 2014

Keputusan Untuk Menuju Sukses



Setiap hari kita selalu mengambil suatu keputusan, apakah itu keputusan sederhana yang tidak mempengaruhi kehidupan kita, ataupun keputusan kecil yang dapat mempengaruhi masa depan kita, atau bahkan suatu keputusan besar yang akan mengubah hidup kita. Keputusan itu ada yang diambil secara tiba-tiba, atau bahkan muncul begitu saja didalam bayangan kita, kemudian kita ambil keputusan. Sangat menarik mengetahui mengapa kita mengambil keputusan seperti apa yang kita telah putuskan.  Dan tanpa disadari, keputusan keputusan kecil yang kita lakukan akan membawa kita ke masa depan kita. Sehingga latar belakang pengambilan keputusan walaupun itu kecil akan menjadi penting untuk masa depan kita. Itulah sebetulnya yang membuat beda antara orang yang sukses, atau biasa-biasa saja, atau orang yang kurang beruntung.
Dalam bukunya yang berjudul thinking fast and slow yang di tulis oleh Daniel Kahneman, sangat menarik untuk dibaca. Didalam buku tersebut digambarkan secara jelas bagaimana proses kita berpikir, bahkan banyak sekali hasil dari experiment yang diceritakan didalam buku tersebut. Ada dua cara kita berpikir menurut Daniel, yang dia sebut sistem 1 dan sistem 2. Keputusan yang diambil dari sistem 1 tidak diperlukan pemikiran sama sekali, kita langsung memutuskan. Sedangkan sistem 2 adalah suatu keputusan yang diambil berdasarkan pemikiran dan pertimbangan. Contohnya kalau kita pergi ke Mall, kemudian kita di tanya mau makan apa ? biasanya langsung reflek kita dapat menjawabnya, apalagi kalau mall itu sering kita kunjungi. Tetapi kalau baru pertama kali kita ke mall tersebut, maka kita perlu berpikir sejenak, kemudian membandingkan antara rumah makan yang satu dan yang lainnya, barulah kita mengambil keputusan. Keputusan yang pertama diambil dengan sistem 1, dan keputusan yang kedua diambil dengan sistem 2.
Saya ambil suatu cerita di buku tersebut, total harga pemukul bola dan bolanya adalah $ 1.10, harga pemukul $1.00 lebih mahal dari harga bola, berapa harga bola ?
Berapakah jawaban anda ? pada saat saya membaca pertanyaan tersebut saya menjawab seperti ditulis pada note dibawah tulisan ini. Setelah saya menganalisa pertanyaan dan jawaban yang saya berikan, saya mulai berpikir, kalau dalam kehidupan ini banyak hal seperti pada masalah diatas, dan saya salah dalam mengambil keputusan. Proses belajar yang akan saya alami memerlukan waktu yang cukup lama. Artinya untuk meraih kesuksesan yang saya pikirkan akan memakan waktu yang cukup lama, dan pertanyaan berikutnya adalah bagaimana agar kita dapat mengambil keputusan dengan lebih tepat lagi ? Pada saat saya akan menjawab pertanyaanku ini, saya teringat akan suatu cerita Waren Buffet pada saat ditanya seandai anda jatuh miskin, apa yang akan anda lakukan ?, jawab Waren Buffet, dia akan bekerja pada rumah makan kalangan orang atas sebagai pelayan. Mengapa anda ingin jadi pelayan ? ya karena dengan menjadi pelayan di rumah makan kalangan orang atas, biasanya mereka menceritakan sesuatu peluang dan bagaimana mereka membangun bisnis, dari sana saya dapat memulai karir saya lagi.

Pelajaran yang saya dapatkan
Untuk dapat meraih suatu kesuksesan yang telah kita tentukan, tentunya perlu suatu pengetahuan yang cukup untuk menuju kesana, semakin dekat dengan tujuan kita, memerlukan pengetahuan yang lebih lagi. Pengetahuan itu dapat diperoleh dari membaca buku, dan juga mengubah pergaulan menjadi penting. Bila kita berada dilingkungan yang positif, maka cara berpikir kita akan terpengaruh dengan lingkungan kita. Hal ini sesuai yang ditulis oleh Charlie Tremendous John, yang pernah saya tulis beberapa waktu yang lalu. Charlie mengatakan kehidupan kita akan berubah tergantung dari buku apa yang kita baca, dan berada di lingkungan seperti apa kita.

Note :
Jawaban saya pada awalnya adalah $ .10, tetapi jawaban yang benar adalah $ .05, perbedaan antara pemukul dan bola $ 1.00, Jadi kalau $ .05, maka harga pemukul $ 1.05, sehingga totalnya adalah $ 1.10.

Tidak ada komentar: