Senin, 22 September 2014

Kiat Bertumbuh untuk Hidup yang Lebih Baik



Beberapa tahun lalu saya merasakan bahwa kehidupan saya mempunyai beban yang sangat berat sekali, usaha yang telah dirintis cukup lama mengalami kehancuran, masa depan tidak jelas. Sangat berat untuk memulai bangkit kembali, kalau saya flash back kebelakang yang terjadi sebenarnya adalah kepercayaan terhadap diri saya mulai turun. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, saya mulai membaca buku berpikir dan berjiwa besar, dibuku tersebut saya merasa di tampar-tampar, dan pada saat itu pula saya mengambil keputusan untuk berubah. Salah satu perubahan yang perlu saya lakukan adalah bagaimana dapat berhubungan dengan orang lain lebih baik lagi. Dalam perjalanannya mempelajari hubungan dengan orang lain saya mendapatkan Johari Windows yang sangat menarik untuk dipelajari.
Johari Windows menerangkan hal ini sangat jelas sekali, sebetulnya Johari windows ini menjelaskan tentang hubungan antar manusia. Dalam kita berhubungan ada hal-hal yang saya sendiri tahu, dan juga saya tidak tahu tentang diri saya. Dan teman atau orang lain tahu tentang saya, dan juga ada yang mereka tidak tahu tentang saya, sehingga di Johari windows ada 4 kuadran dimana sumbu X menjelaskan tentang saya, dan sumbu Y menjelaskan dari orang lain.
Kuadran 1 disebut Open, artinya area dimana saya tahu dan teman saya tahu, kita saling tahu. Kalau hubungan kita makin dekat maka luas daerah open ini akan menjadi lebih besar, hubungan suami istri harusnya lebih besar lagi, makin luas daerah Open, kepercayaan yang dibangun semakin besar. Sehingga untuk membangun kepercayaan (trust) perlu memperbesar daerah Open ini.
Kuadran 2 disebut blind, artinya saya tidak tahu dan teman saya tahu, seperti bau badan. Biasanya orang yang mempunyai bau badan dirinya sendiri tidak tahu, tetapi teman atau sekeliling saya tau, kalau saya mau menerima feedback, maka saya akan mengetahui dari teman bahwa badan saya bau, sehingga saya dapat memperbaiki. Biasanya semakin kecil blind area orang menjadi semakin rendah hati, dan yang blind areanya besar menjadi sombong, karena mereka merasa mengetahui banyak hal. Kisah saya diatas ada di kuadran 2.
Kuadran 3 disebut secret, artinya area rahasia hanya saya yang tahu dan orang lain tidak tahu. Orang yang daerah secretnya besar maka orang tersebut akan menjadi orang yang penuh dengan misteri. Untuk memperbesar daerah secret ini kita perlu membuka diri. Pada masa-masa dimana daerah secret saya ini masih besar, saya merasa sulit sekali untuk mengungkapkan sesuatu pada teman, dan saya merasa bahwa mengapa saya harus menceritakan ? dan saya merasa pada saat itu bahwa hidup ini sangat berat sekali bebannya. Tetapi sekarang ini saya hampir tidak punya beban untuk menceritakan banyak hal ke teman-teman bahkan teman baru sekalipun, yang terjadi adalah beban saya sangat berkurang jauh, sehingga hidup ini rasanya lebih ceria dan bersemangat. Karena kalau daerah rahasia ini besar sekali kita akan serba takut untuk berhubungan dengan orang, dan kalau daerah secret ini menjadi lebih kecil kita akan lebih ringan dalam menjalani hidup.
Kuadran 4 disebut hidden dimana dalam kita berhugungan dengan teman atau team di kantor saling tidak tahu, caranya adalah dengan melakukan explorasi. Yang sering saya lakukan dikantor adalah dengan mulai berdiskusi, membaca, kemudian mencoba. Setelah dilihat hasilnya kita diskusikan lagi, mencari solusi sesuai dengan tujuan kita, kemudian mencoba lagi. Dengan melakukan hal seperti ini berulang ulang, maka semua anggota team akan bertumbuh dengan cara memperbesar kuadran open.
Dengan mempelajari konsep Johari Windows ini, sekarang saya lebih bisa menerima cara berpikir orang lain, sehingga pada saat orang lain mempunyai pandangan tentang hidupnya saya bisa mengerti dan mau menerima, tentunya saya tidak bisa memaksakan bahwa apa yang saya yakini bahwa seharusnya kehidupan seperti yang saya pikirkan tidak dapat berlaku secara universal. Sehingga setiap orang dapat mempunyai pandangan tentang kehidupan yang berbeda itu adalah hak mereka, kita tidak dapat mengatakan bahwa hal itu salah dan mereka harus mengikuti kita.

Pelajaran yang saya dapatkan
Untuk dapat membina hubungan yang lebih baik dengan istri, anak, keluarga dan teman teman, kita perlu memperbesar daerah kuadran 1, untuk memperbesar daerah kuadran satu ada tiga cara dengan memperkecil daerah blind dimana kita tidak tahu dan orang lain tahu, kita harus mau menerima feedback dari orang lain, kalau orang lain memberikan feedback kita tidak perlu menyanggah atau memberikan tanggapan, bahkan kita harus berterima kasih, karena mereka mempunyai maksud yang baik yaitu untuk memperbaiki diri kita. Untuk memperkecil daerah secret, kita harus mau membuka diri dengan orang lain, mengurangi rahasia pribadi. Pengalaman saya dulu sering saya mengatakan sesuatu yang berbeda atau berbohong, untuk teman saya yang satu dan berbicara lain ke teman yang lain, pada akhirnya akan ketahuan juga, kalau memang pada akhirnya ketahuan mengapa saya tidak katakan terus terang sehingga tidak banyak orang memperbincangkan saya di belakang saya ?. setelah saya mengubah cara saya maka daerah rahasia menjadi kecil, saya merasakan kehidupan saya semakin ringan tidak mempunyai beban. Dan untuk memperkecil hidden area, yang saya lakukan adalah membaca banyak buku, kemudian sering berdiskusi dengan teman teman yang mempunayi pemikiran yang positif. Sekarang ini saya merasa kehidupan saya menjadi lebih baik dibandingkan dengan 5 tahun lalu, karena saya merasakan manfaatnya, saya masih terus berjuang untuk bertumbuh lebih besar lagi.

Tidak ada komentar: