Senin, 22 September 2014

Perubahan Hidup seperti Apa yang Anda Inginkan ?



Beberapa waktu yang lalu saya berdiskusi dengan beberapa teman saya, kemudian teman saya menceritakan bahwa kesuksesan ada momentumnya, dia cerita tentang Liem Soei Liong, Wiellem Soerjadjaja, dan para konglomerat lainnya. Dan mengatakan bahwa mereka dapat menjadi konglomerat karena waktunya yang tepat, kalau seperti kita sepertinya tidak mungkin untuk menjadi seperti mereka. Pertanyaan menarik yang selalu terngiang di kepala saya, apakah betul bahwa untuk menjadi sukses itu hanya ada waktu-waktu tertentu ? tetapi pertanyaan berikutnya muncul juga dalam diri saya, kalau memang waktunya tepat pada saat itu, mengapa yang dapat menjadi konglomerat hanya segelintir orang ? tidak banyak orang yang menjadi konglomerat ?
Memang benar bahwa perubahan politik maupun perkembangan tekhnologi akan membuat suatu gelombang, dimana bisnis-bisnis tertentu akan sangat diperlukan sehingga bisnis tersebut kalau dikelola dengan baik akan berkembang menjadi besar sekali. Tetapi pertanyaannya adalah apakah momen tersebut tidak akan kembali lagi ? kalau kita melihat dari jenis bisnisnya mungkin akan terjadi hanya sekali saja, tetapi bisnis bisnis baru selalu ada saja yang dapat berkembang menjadi besar.
Usaha dibidang software makin lama makin banyak persaingannya karena makin banyak pemain software baru bermunculan, dan persaingan didunia software menjadi semakin ketat. Tentu saja untuk menjual produknya menjadi sulit karena persaingan. Banyak teman saya yang bermain di software mengeluh bahwa sulit untuk mendapatkan proyek. Kalau saya melihat ke perusahaan yang saya kelola sekarang ini, saya tidak merasa kesulitan untuk mendapatkan pelanggan baru, kenyataannya penjualannya setiap tahun mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Ini terjadi karena setiap tahun kami memikirkan cara baru untuk meningkatkan penjualan, dan setiap team yakin bahwa target yang sudah ditentukan dengan cara yang lebih baik lagi dari tahun lalu akan membawa hasil yang lebih baik.
Kebetulan saya sedang membaca bukunya John C. Maxwell yang baru “How High Will You Climb ?”, buku tersebut banyak sekali memberikan contoh bahwa setiap orang mempunyai kemampuan yang luar biasa besarnya, tetapi attitude yang menentukan apakah kemampuan kita yang besar tersebut dapat membantu kita untuk mencapai kesuksesan. Sehingga attitude atau sikap memegang peran yang besar dan kalau saya banyak dengar dari teman maupun buku, dikatakan bahwa sikap mempunyai andil 95% dalam menentukan kesuksesan.
Menurut John C. Maxwell untuk mengubah sikap ada siklusnya, seperti yang digambarkan diatas. Siklus perubahan sikap ini bisa menjadi sikap yang lebih baik atau sikap yang lebih buruk. Perubahan sikap dimulai dari cara kita berpikir, kemudian pemikiran tersebut akan diresapi, setelah merasa benar maka akan mengambil keputusan untuk menjalankan apa yang dipikirkan, kemudian setiap tindakan akan dipengaruhi oleh keputusan tadi, kemudian menjadi kebiasaan dan menjadi sikap, sikap ini akan berpengaruh terhadap cara berpikir.
               
Diatas adalah siklus untuk mempunyai sikap yang baik maupun sikap yang buruk. Siklusnya sama, sumber pemikirannya yang berbeda, sehingga bila kita akan mempunyai sikap yang baik, pemikiran kita perlu diisi dengan hal hal yang positif, diantaranya adalah membaca buku buku yang bermutu dan di kelilingi oleh teman teman yang bersikap positif.

Tidak ada komentar: